Dokter Spesialis Hingga Pramusaji Distimulus

0
21
dr. I Ketut Suarjaya

Sumerta Klod, DenPost

Stimulus berupa insentif kepada tenaga medis dalam rangka meningkatkan pelayanan penanganan covid-19 telah disalurkan Pemerintah Provinsi Bali. Dana sebesar Rp 3,4 miliar itu disalurkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali kepada sejumlah faskes.

“Sudah kita transfer ke masing-masing faskes, sudah masuk ke masing-masing rekening bendahara (faskes). Tinggal diberikan kepada tenaga medisnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, Kamis (9/7/2020), di Kantor Gubenur Bali.

Baca juga :  ASN Mulai Ngantor, Fasilitas Cuci Tangan di Pemkab Badung Belum Memadai

Namun saat itu dia tidak membawa data berapa jumlah tenaga yang diberikan stimulus. Dia mengatakan, stimulus itu diberikan kepada mereka yang berperan langsung dalam penanganan covid-19, mulai dari dokter spesialis hingga pramusaji.

Adapun besaran yang diterima, dokter spesialis maksimal mendapat Rp 15 juta bergantung jumlah kehadiran,  dokter umum dan dokter gigi Rp 10 juta, perawat atau bidan Rp 7,5 juta, tenaga tresing (penelusuran) Rp 5 juta, tenaga kebersihan dan pramusaji Rp 2,5 juta.

Baca juga :  Koster Idamkan Transportasi Bali Saingi Singapura

Kata dia, insentif itu diberikan selama tiga bulan yang terhitung sejak Maret, April dan Mei. Besaran tersebut merupakan jumlah maksimal dari kehadiran sebulan. “Dana Rp 3,7 M dari Pemerintah Provinsi Bali untuk tiga bulan,” katanya.

Terkait kesiapan tenaga medis dan faskes dalam menyambut tatanan kehidupan era baru, Suarjaya mengatakan, Bali cukup siap mengantisipasi penumpukan pasien. Selain memastikan jumlah tenaga medis telah cukup, sirkulasi perawatan pasien positif di rumah sakit juga dibenahi.

Baca juga :  Terapkan Standardisasi Harga Rapid Test, Kadiskes Juga Siapkan Sanksi

Saat ini, kata dia, Bali telah menyediakan sebanyak 16 rumah sakit yang dapat menerima pasien positif covid-19. Faskes itu meliputi rumah sakit milik pemerintah maupun rumah sakit swasta, termasuk rumah sakit di tingkat kabupaten/kota. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini