Putri Suastini Koster Ajak Orangtua Ikuti Perkembangan Teknologi

0
23
Suastini Koster Ajak Orangtua Ikuti Perkembangan Teknologi
Ni Putu Putri Suastini Koster

Sumerta Klod, DenPost

Beradaptasi dengan perkembangan era yang serbadigital, para orangtua diajak ikut menyesuaikan diri. Penyesuaian ini untuk mempertahankan peran orangtua dalam pertumbuhan anak, yang kini aktif berkecimpung di dunia maya.

Itu dikatakan Putu Putri Suastini Koster dalam webminar yang diselenggarakan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) pada Minggu (12/7/2020), di Denpasar. “Bayangkan saat dalam kandungan orangtua sudah mengenalkan gawai (gadget) dengan mendengarkan musik, baru lahir juga sudah kenal gadget dan beranjak besar,” ucapnya.

Dipandang dalam konteks positif, menurut Putri kondisi itu menandakan bahwa anak-anak pada masa ini sangat gampang mempelajari teknologi. Dengan mengimbangi perkembangan teknologi, kata dia, orang tua tetap dapat mendidik dan membentuk karakter anak.

Baca juga :  Pelanggan Pasar Badung Disemprot Disinfektan

“Karena bagaimanapun pentingnya teknologi, jika si anak tidak bisa bijaksana menggunakannya, maka akan berbahaya. Etika itulah akar dari kehidupan anak-anak kita, dan sebagai orangtua kita harus merawat akar tersebut,”  paparnya.

Putri Koster juga mengharapkan agar para orangtua menjadikan anak-anak sebagai teman, dan mengomunikasikan segala hal dengan komunikasi dua arah secara logis. “Ini bukan saatnya kita mengajarkan anak-anak dengan ancaman atau takhyul-takhayul, mereka sudah pintar, dan menurut perkembangan zaman segala hal harus ada penjelasan logisnya,” terangnya.

Baca juga :  Tekan Covid-19 Tanpa PSBB, Presiden Ingin Bali Jadi Contoh

Dia juga mengajak para orang tua milenial untuk selalu mengajarkan kepercayaan diri dalam artian positif kepada anak-anaknya. “Jangan sampai ada kata-kata yang menghilangkan kepercayaan diri anak-anak, seperti kamu bodoh atau kamu tidak bisa. Terus kembangkan bakat dan kepercayaan diri mereka,” ujarnya mengingatkan.

Dosen dan Guru Besar Universitas Hindu Indonesia (UNHI), Prof. IBG Yudha Triguna, sepakat dengan Putri Koster bahwa dalam mendidik anak di era milenial ini memang perlu pendekatan secara logis serta komunikasi dua arah. Kata dia, orangtua milenial harus mengajarkan anak-anaknya untuk berpikir kritis.

Baca juga :  Sasih Kadasa Jadi Momentum Bali Bebas dari Covid-19, Begini Penjelasannya

“Anak-anak sekarang harus diajarkan untuk selalu berpikir kritis dan menangkap peluang yang ada di sekitarnya,” imbuhnya. Orangtua harus mampu menciptakan kondisi yang dinamis dan strategis dalam mengomunikasikan segala hal dengan anak-anak. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini