Target Lolos Lima Besar Inovasi Layanan Publik, Bali Presentasikan RSMBM

0
12
Picsart 07 13 07.29.03
Wakil Gubernur Bali, Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Sumerta Klod, DenPost

Pemerintah Provinsi Bali menargetkan posisi lima besar dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020, yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Mewujudkan target itu, pemprov mempresentasikan keunggulan Rumah Sakit Mata Bali Mandara (RSMBM) yang saat ini telah lolos dalam 15 besar. Terbaru, pemprov mendengungkan inovasi yang berjudul “Kami Datang, Pengelihatan Terang”.

Itu dikatakan Wakil Gubernur Bali, Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, secara pertemuan maya bersama tim penilai, Senin (13/7/2020). “Inovasi ini memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan aktif menjemput bola (memetakan potensi),” ujarnya.

Baca juga :  Dishub Razia Puluhan Bus AKAP di Perbatasan Denpasar-Badung

RSMBM melakukan beberapa strategi. Pertama, memberi pelatihan dan melakukan kolaborasi dengan TP PKK, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta siswa. Mereka itu dalam penjaringan pasien yang dicurigai menderita katarak dengan teknik hitung jari dalam jarak 3 meter.

“Masyarakat yang dicurigai mengalami kebutaan akan didata dan dilaporkan ke RS Mata Bali Mandara melalui puskesmas setempat,” terang Cok Ace. Strategi kedua, mendekatkan pelayanan kesehatan mata kepada masyarakat melalui bus operasi.

Juga dilakukan pola pendekatan strategis, yakni membentuk Komite Mata Daerah melalui SK Gubernur, advokasi lintas sektor, kemitraan dan kolaborasi dengan masyarakat, PKK, LSM dan swasta dan juga peran serta mahasiswa dan siswa.

Baca juga :  Kasus Positif di Bali Meroket, Kasatgas Tegaskan Ini

Dari pelaksanaan inovasi tersebut, terungkap angka kebutaan dari 1 persen menjadi 0,3%. Cataract Surgical Coverage Bali tertinggi di Indonesia 82,7%, sedangkan di Indonesia 50,1% ; 87.8% penderita telah mengalami perbaikan penglihatan.

Prestasi lainnya, pada tahun 2018 RSMBM pernah diundang sebagai narasumber dalam transfer inovasi berskala internasional, The International Public Service Forum 2018, serta diikutkan dalam Pameran Indonesia Melayani di Surabaya dan Solo sebagai ajang transferabilitas inovasi tingkat nasional.

Baca juga :  Lagi, Tiga Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di Bali

“RSMBM juga memperluasan layanan keluar pulau dan provinsi dengan memberikan pelayanan operasi katarak di Nusa Penida,” paparnya.

Menurut Cok Ace, keberhasilan inovasi RSMBM berbanding lurus dengan komitmen pimpinan, serta keberanian untuk melakukan reformasi pelayanan. Selain itu, dipengaruhi sinergitas bersama masyarakat.

Dalam presentasi tersebut, Wagub Cok Ace, didampingi Direktur RS Mata Bali Mandara, Ni Made Yuniti; Kepala Biro Organisasi, I Wayan Serinah, serta Kepala Diskominfos Provinsi Bali, Gede Permana. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini