Hindari Kerumunan, KPU Karangasem Tambah 190 TPS

0
6
Hindari Kerumunan, KPU Karangasem Tambah 190 TPS
Ketua KPU Karangasem, Krisna Adi Widana

Amlapura, DenPost

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah pandemi covid-19 membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mengindari kerumunan. Ketua KPU Karangasem, Krisna Adi Widana, mengungkapkan, di Kabupaten Karangasem ada penambahan 190 TPS.

“Dari 923 TPS, ada penambahan 190, sehingga menjadi 1.113,” terang Krisna, Selasa (14/7/2020). Penambahan ini dikarenakan aturan dari KPU Pusat yang membatasi jumlah pemilih di tiap TPS dari 800 pemilih menjadi 500 pemilih. “Pengurangan 300 ini diharapkan dapat lebih maksimal menerapkan protokol kesehatan. Khususnya mengurangi kerumunan dan menjaga jarak,” imbuhnya.

Baca juga :  Transmisi Lokal Kian Meluas, 3 Pasar di Karangasem Dilarang Ini

Lebih lanjut ia menuturkan, penyelenggaran Pilkada di tengah Pandemi Covid-19 kini menjadi tantangan baru bagi KPU Karangasem, sebab hingga saat ini trasmisi lokal masih terus terjadi dan Karangasem masih ditetapkan sebagai zona merah covid-19. “Kkami berusaha maksimal mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya lewat rapid test yang akan dilakukan sebanyak 5 kali selama pelaksanaan Pilkada,” ungkapnya.

Ditanya tantangan lain, Krisna mengungkapkan target partisipasi mencapai 85 persen juga membuat KPU Karangasem harus bekerja keras. “Di tengah situasi ini, kami terus mengusahakan agar target partisipasi yang diisyaratkan Gubernur Bali mampu terlampaui,” katanya. Pihaknya kini tengah gencar melakukan sosialisasi dengan berbagai media dan melibatkan para pemangku kepentingan terkait. “Tahapan yang terdekat kami akan melakukan pencocokan data pemilih. Kami berharap masyarakat juga dapat berpartisipasi aktif dalam Pilkada ini,” pungkasnya.(yun)

Baca juga :  Hanya Rp 35 Ribu Per Bulan, Ini Kiat Kartika Hemat Kuota Internet untuk Tiga Anaknya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini