Masih Pandemi Covid-19, Coklit Pemilih Bisa Lewat Online

0
6
Masih Pandemi Covid-19, Coklit Pemilih Bisa Lewat Online
TANCAPKAN KAYONAN - Penancapan kayonan yang dilaksanakan di Ruang Krisna Setda Bangli sebagai tanda dimulainya tahapan Pilkada yang dihelat Desember 2020 mendatang.

Bangli, DenPost

Secara serentak mencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Bangli mulai dilakukan Rabu (15/7/20). Itu artinya Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) Kabupaten Bangli di seluruh kecamatan sudah mulai bertugas. Berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19, petugas bisa melakukan coklit melalui sistem dalam jaringan (daring), khususnya pada keluarga pemilih yang menjalani karantina mandiri. Jika pun diharuskan ke rumah warga tersebut, komunikasi hanya dilakukan sebatas dari luar ruangan atau luar rumah.

Ketua KPUD Bangli, Putu  Gede  Pertama Pujawan, mengatakan, sebelum melaksanakan tugas, 568 PPDP ini telah menjalani rapid test, di mana hasil sementara 1 petugas PPDP dan 1 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS)  dinyatakan positif terpapar corona. Untuk PPS yang positif, tugasnya akan digantikan oleh rekannya, sementara PPDP akan langsung diganti. “Kami tidak ingin  penyelenggara menjadi klaster baru penyebaran covid -19, makanya  kesehatan mereka harus benar-benar terjaga dengan melalui rapid test,” katanya, Selasa (14/7/2020).

Baca juga :  Kasat Lantas Polres Bangli Pimpin Tindak Pemotor Tanpa Helm dan Masker

Terkait dengan pelaksanaan coklit tersebut, Pujawan minta masyarakat pro dan aktif untuk memastikan dirinya benar-benar telah masuk sebagai data pemilih. Di samping itu, pihaknya juga meminta  pasangan calon yang sudah mulai tampak, juga mengawal proses validasi data pemilih tersebut. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini