Lulus Verifikasi Dengan Nilai Fantastis, Kemenparekraf Katakan Ini ke Pengelola DTW Uluwatu

0
6
Picsart 07 14 08.37.23
SARANA KEBERSIHAN - Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf, Wawan Gunawan, didampingi Kadispar Badung, Made Badra, saat menyerahkan bantuan sarana kebersihan yang diterima Manager Pengelola DTW Uluwatu, Wayan Wijana.

Pecatu, DenPost

Objek Wisata Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu (DTW Uluwatu), telah lolos verifikasi oleh Tim Verifikasi Kesiapan Tata Kelola Pariwisata Pandemi Covid-19.

Lolosnya DTW Uluwatu, dengan nilai fantastis ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Made Badra, di sela-sela kunjungan Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan, dalam rangka Bali Rebond Destinasi Pariwisata Era New Normal, Selasa (15/7/2020).

Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan, mengapresiasi kesiapan Pengelola DTW Uluwatu dalam menyambut tatanan kehidupan era baru. Karena berbagai macam telah disiapkan, mulai dari protokol kesehatan dalam berwisata hingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan. “Bali, dengan Kawasan Nusa Dua adalah pilot project. Dan salah satu penyangganya adalah DTW Uluwatu,” kata Wawan Gunawan.

Baca juga :  Hindari Kerumunan, BPD Akhirnya Terapkan Ini

Kesiapan tersebut, juga dipandang sebagai wujud dari komitmen, baik itu komitmen pemerintah daerah setempat ataupun pengelola destinasi wisata. “Saya datang ke sini adalah karena adanya komitmen tersebut. Kami di sini sifatnya adalah membantu dan mendukung, bagi mereka-mereka yang serius dan siap. Dan setelah saya cek, kesiapan Uluwatu ini sudah bagus. Bahkan simulasi, sosialisasi dan uji coba kesiapan itu juga sudah dilakukan,” ucapnya.

Sementara Manager Pengelola DTW Uluwatu, Wayan Wijana, menyatakan lulusnya DTW Uluwatu dalam verifikasi kesiapan tata kelola pariwisata pandemi Covid-19, merupakan kesuksesan bersama. Karena ada banyak pihak yang ikut terlibat dan bekerjasama, termasuk pemerintah melalui pembinaan yang diberikan.

Baca juga :  Cegah Wabah Virus Corona, Desa Adat Blahkiuh “Ngeneng”

Tanpa sinergi yang terjadi, Wijana meyakini predikat lulus verifikasi bukanlah hal mudah untuk didapatkan. Karena kaitan dengan itu, ada banyak kriteria yang harus dipenuhi. “Sertifikat yang akan diberikan nanti adalah semacam modal bagi kami untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik. Di mana, kita memang telah menjalankan SOP sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kadisparda Badung, Made Badra, mengaskan DTW Uluwatu memang telah lulus verifikikasi dengan nilai fantastis.
“Saya sudah lapor ke Pak Bupati untuk nanti akan diterbitkan sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Pak Bupati,” ungkapnya. Sertifikat yang diberikan itu, katanya juga merupakan alat untuk melakukan promosi. Dengan begitu, maka masyarakat dunia dapat mengetahui bahwa DTW Uluwatu telah lolos verifikasi dan aman dikunjungi.

Baca juga :  Tanam Ratusan Mangrove, Ini yang Diharapkan Polisi

Dalam kesempatan tersebut, Wawan Gunawan juga sempat berkeliling di DTW Uluwatu, sembari menyaksikan kegiatan bersih-bersih yang melibatkan unsur dari pengelola dan masyarakat setempat. Bukan itu saja, dia juga menyerahkan bantuan sejumlah sarana kebersihan untuk membangkitkan kembali gairah pariwisata di DTW Uluwatu. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini