Sisir Pantai Hotel Hyatt, Puluhan HPR Liar Divaksin

0
6
Sisir Pantai Hotel Hyatt, Puluhan HPR Liar Divaksin
DIVAKSIN – Dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Denpasar memvaksin sekaligus memvaksin anjing milik warga yang tinggal di pesisir Pantai Hotel Hyat, Rabu (15/07)

Sanur, DenPost

Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar menyisir Pantai Hotel Hyatt Sanur, Denpasar Selatan dan memvaksin puluhan hewan penular rabies (HPR) atau anjing yang dipelihara maupun liar, Rabu (15/07/2020).

’’Kami menerjunkan tim melakukan penyisiran anjing liar maupun anjing yang dipelihara di pesisir pantai di Pantai Hotel Hyatt Sanur yang belum divaksin. Karena di Pantai Hyatt banyak anjing liar atau diliarkan pemiliknya rentan tertular penyakit rabies,’’ kata Kabid Peternakan dan Keswan, Drh. Made Ngurah Sugiri didampingi Kasi Kesehatan Hewan, Drh. IA Made Sri Martini, di sela-sela vaksin anjing.

Sugiri mengaku, vaksin massal di Kota Denpasar Agustus 2019 lalu bukan berarti vaksinasi terhadap HPR berhenti. Namun terus jalan lewat program vaksinasi dengan mendatangi pantai yang banyak anjing liar dan diliarkan pemiliknya. Vaksin HPR mengumpulkan masyarakat banyak ke banjar di masing-masing desa/kelurahan tidak boleh karena sedang ada wabah virus corona. Tim diturunkan menyisir anjing anjing liar atau diliarkan belum divaksin.

Baca juga :  Satpol PP Bubarkan Kerumunan Nasabah PT Gold

Mempertahankan Denpasar bebas penyakit rabies sejak tahun 2017 cukup berat, karena daerah tetangga seperti Gianyar dan kabupaten lainnya belum bebas penyakit rabies. Tim dokter hewan yang diterjunkan ke pantai-pantai yang menjadi objek wisata banyak anjing liar belum divaksin. ”Kita sisir sampai semua anjing yang ada sudah benar-benar divaksin. Di samping itu, memberikan edukasi kepada masyarkat yang ada di pesisir pantai agar tidak meliarkan anjing peliharaan,’’ ujar Ngurah Sugiri.

Baca juga :  Besok, Kawasan Heritage Jalan Gajah Mada Ditutup

Dia menjelaskan, tim dokter hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar dari 7 Juli hingga Rabu (15/07) kemarin sudah memvaksin anjing liar dan yang dipeliharan sebanyak 561 ekor. Kalau masyarakat yang memelihara anjing belum divaksin bisa datang menghubungi kantor Dinas Pertanian pada jam kerja. ”Kami bersama tim dokter hewan selama sepakan menyisir pantai yang ada di Sanur dan Pantai Biaung, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur untuk memvaksin anjing liar maupun yang dipelihara warga untuk memperkebal tubuhnya dari penularan rabies,’’ ucapnya.

Baca juga :  Atasi Masalah Ini, Pemkot Diminta Realisasikan Pembangunan SMPN 15

Penolakan vaksin terhadap anjing peliharaan, lanjut Ngurah Sugiri, berisiko besar, baik pemilik maupun masyarakat sekitarnya. Sebab, di kabupaten lain seperti Klungkung, Buleleng dan Karangasem masih ada penyakit rabies. Diharapkan, kesadaran masyarakat memvaksin anjing pelaiharaan agar tidak terjangkit penyakit rabies. Apalagi vaksin yang diberikan gratis dan langsung petugas datang ke rumah atau pantai. ”Kami mengimbau masyarakat yang memelihara anjing belum divaksin bisa menghubungi dokter hewan di Dinas Pertanian dan mereka siap meluncur ke rumah,” ujarnya. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini