Dua Penyu Lekang Mati Ditemukan di Perancak

0
10
Dua Penyu Lekang Mati Ditemukan di Perancak
Penyu langka yang ditemukan mati dan membusuk dikuburkan di pantai Perancak

Negara, DenPost

Penyu langka mati ditemukan terdampar di pantai Perancak, Kecamatan Jembrana selama dua hari berturut-turut Minggu (12/7) dan Senin (13/7). Penyu dewasa (lepidochelys olivacea) yang ditemukan mati tersebut juga sudah membusuk. Kedua penyu tersebut ukuran karapas P 67 cm dan L 65 cm serta P 68 cm L 65 cm.

Koordinator Konservasi Penyu Kurma Asih Desa Perancak Wayan Anom Astika Jaya, Rabu (15/7) mengatakan saat ditemukan penyu sudah dalam kondisi membusuk. Pihaknya tidak berani memastikan penyebab kematian penyu ini.

Baca juga :  Sempat Reaktif, Seorang Tahanan Sembuh

Penyu lekang merupakan penyu langka yang keberadaannya banyak ditemukan di sekitaran pantai Yeh Kuning dan Perancak. Lantaran sudah mati dan mengeluarkan bau busuk, akhirnya penyu ini dikubur dilokasi penemuan setelah berkoordinasi dengan petugas BKSDA.

Menurutnya sesuai prosedur jika ditemukan penyu dalam kondisi mati harus dikubur.
Selain sering ditemukannya penyu langka yang mati pihaknya juga sudah banyak melepasliarkan tukik di perairan Perancak.

Baca juga :  Di Jembrana, Dua Pasien Covid-19 Meninggal

Telur-telur penyu didapatkan dari wilayah pesisir. “Meskipun masa pandemi Covid-19 kami tetap melakukan aktivitas. Bahkan sudah ribuan tukik kami lepasliarkan,” jelasnya. Bahkan Rabu (15/7) sore pihaknya melepasliarkan 500 ekor tukik. “Kami tetap mengajak siapa saja yang peduli lingkungan untuk ikut melepasliarkan tukik. Namun tetap menggunakan protokol kesehatan,” jelas Anom. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini