Ngamuk, ODGJ Diamankan Satpol PP Denpasar

0
11
Ngamuk, ODGJ Diamankan Satpol PP Denpasar
DIAMANKAN – Satpol PP Kota Denpasar mengamankan orang dengan gangguan jiwa (pakai masker merah) asal Lingkungan Buana Kubu, Denpasar Barat karena mengamuk, Rabu (15/07).

Sumerta, DenPost

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Denpasar mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) saat mengamuk di Lingkungan Buana Kubu, Denpasar Barat, Rabu (15/07/2020).

Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga didampingi Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (KUKM), I Nyoman Sudarsana, mengatakan ODGJ yang diamankan ini dilaporankan keluarganya karena sering mengamuk dan menyerang keluarga dan orang lewat di depan rumahnya. Setelah diamankan pasukan regu Satpol PP digiring ke kantor. ”Setelah kami amankan di ruang binaan, ODGJ ini terus ngamuk dan apa yang ada di ruangan dipukul,’’ ujar Anom Sayoga.

Baca juga :  Karena Ini, Dinas Perkim Batal Tata Kawasan Kumuh

Dia mengaku, sebelum dikirim ke RSJ Bali di Bangli, pihaknya menunggu tim kesehatan dari Dinas Kesehatan untuk memeriksa dan memberi obat penenang agar tidak mengamuk. Kalau sudah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan maka secepatnya dikirim ke RSJ Bali.

Belakangan ini pihaknya mengamankan beberapa orgil menindaklanjuti pengaduan masyarakat dan orgil tersebut kebanyakan orang luar. Namun, tetap mengamankan sekaligus mengirim ke RSJ Bali. ”Kami tetap menjalankan tugas demi kemanusiaan dan harus cepat ditangani. Kalau tidak diambil tindakan cepat dapat mengganggu keamanan, kenyamanan dan membahayakan masyarakat Kota Denpasar,’’ ucapnya.

Baca juga :  Soal Bali Diisolasi, Begini Respons Gubernur

Disingung soal ketertiban umum, lanjut Anom Sayoga, ditangani Satpol PP dan masalah sosial menjadi kewenangan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja. Namun masalah keamanan, ketertiban dan kenyamanan warga Denpasar menjadi prioritas dan menjadi tanggung jawab Satpol PP bersama institusi lainnya. ”Kalau gangguan kemanan dan kenyamanan warga di Denpasar menjadi tanggung jawab Satpol PP bersinergi dengan TNI, Polri dan OPD terkait lainnya,’’ jelasnya.

Baca juga :  Ada 12 Kasus DBD Sejak Januari, Ini Strategi Lurah Tonja

Selain menangani masalah ODGJ, kata Anom Sayoga, pihaknya juga mengamankan pengamen yang beroperasi di perempatan Jl. Pidada-Jl. Bung Tomo dan Jl. Mahendradata-Jl. Gatsu Barat. Di samping menjalankan tugas rutin dengan menertibkan pedagang pasar tumpah di Jl. Kartini, Jl. Gunung Kawi, Jl. Serma Made Pil dan membubarkan kerumunan warga dan mengajak disiplin mengikuti aturan saat pandemi virus corona meskipun sudah dibuka kehidupan era baru. ”Kami mengimbau masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus corona,’’ harap Anom Sayoga. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini