Optimalkan Sosialisasi Pilkada 2020, Babinsa dan Babinkamtibmas Diberikan Ini

0
5
Picsart 07 15 06.20.11
BERTEMU DANREM - Ketua KPU Bali, saat bertemu Danrem di ruang tamu Makorem. Pertemuan ini membahas peran Babinsa dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

Dangin Puri, DenPost

Menjawab tantangan Pilkada 2020 yang berlangsung di masa pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali akan menginsentifkan peranan semua pihak. Antara lain, memberdayakan peran Babinsa dan Babinkamtibmas.

Agar sosialisasi berjalan efektif dan tepat sasaran, maka Babinsa dan Babinkamtibmas akan diberikan bimbingan teknis dalam jaringan. Mengenai skema itu, Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, telah berkoordinasi bersama Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, di ruang tamu Makorem, Rabu (15/7/2020).

Baca juga :  Antrean Kendaraan Mengular, Dewan Sarankan Ini ke UPT PKB Denpasar

“Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan pihak Polda Bali, selanjutnya kami mohon bantuan Bapak Danrem 163/Wira Satya untuk melibatkan Babinsa,” ujar Lidartawan, didampingi Sekretaris, I Made Oka Purnama, dan dua orang staf.

Keterlibatan unsur TNI dan Polri ini, kata dia, mengingat Babinsa dan Bhabinkamtibmas adalah aparat yang paling dekat dengan masyarakat di wilayah binaan. Maka, sangat memungkinkan dalam peran dan tugasnya membantu sosialisasi terkait Pilkada Serentak yang dilakukan KPU.

Baca juga :  Dikira Penyu, Ternyata Jenazah Bayi Tanpa Kepala

Skema KPU dalam menyukseskan Pilkada 2020 turut diapresiasi Danrem. Dia menegaskan TNI siap mendukung KPU dalam mewujudkan Pilkada yang damai, aman dan lancar. “Kita siapkan personilnya, kita siapkan waktu yang tepat sehingga KPU pun nantinya siap memberikan pembekalan kepada semua Babinsa,” sebut Danrem.

Danrem menambahkan, ketertiban pelaksanaan Pilkada di Bali perlu dipertahankan. Selain menjaga keamanan daerah, ini berkorelasi terhadap tingkat berdemokrasi masyarakat Bali. Kondisi itu berbanding lurus dengan penilaian indeks demokrasi, sehingga menjadi percontohan di Indonesia.

Baca juga :  Koster Sebut Pasar Gotong Royong Putus Rantai Tengkulak

Untuk diketahui, Pilkada Serentak 2020 ini berlangsung pada 9 Desember, di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, Bangli, Karangasem. Berlangsung pada masa pandemi, KPU akan menerapkan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan terkait Covid-19.

Antara lain, panitia penyelenggara dan pemilih yang hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) wajib mengenakan masker, mencuci tangan, menjalani pemeriksaan suhu tubuh, serta menghindari kerumunan, dengan menjadwalkan kedatangan pemilih ke TPS. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini