Hindari Lahan Tidur, Distan Denpasar Bantu Subsidi Pupuk

0
7
Hindari Lahan Tidur, Distan Denpasar Bantu Subsidi Pupuk
Gede Ambara Putra

Lumintang, DenPost

Menghindari lahan sawah tidur saat wabah virus corona melanda Denpasar, Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar memberi bantuan kepada petani subsidi pupuk dan sarana prasarana pertanian guna meringankan beban hidup.

Kadis Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra, mengatakan, bantuan yang diberikan kepada petani berupa subsidi pupuk agar para petani bisa bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan khususnya beras. Selain itu, memberi bantuan peralatan pertanian untuk dipakai bercocok tanam. ”Lahan pertanian (sawah) di Denpasar tidak ada yang tidur alias terbengkalai semua digarap dan ditanami padi sesuai jadwal tanam. Para petani sudah panen Maret lalu dan padi yang dipanen harga jual gabahnya cukup bagus,’’ ujar Ambara Putra, Kamis (16/07/2020).

Baca juga :  Dit. Resnarkoba Polda Bali Beri Bantuan ke Warga Lanjut Usia dan Penggali Kubur 

Ambara Putra menjelaskan, petani tersebar di seluruh subak yang ada di empat wilayah kecamatan berlomba-lomba menanam padi maupun palawija jika belum mendapat bagian air. Karena panen padi dari April hingga September seluas 1.368 hektar dan panen antara Oktober-Maret lalu 2.894 hektar sehingga panen padi dalam setahun 4.192 hektar. Dari hasil panen tersebut menghasilkan gabah kering giling 29.331 ton per tahun. Luas lahan sawah yang ada di Kota Denpasar tidak begitu luas dibandingkan kabupaten lainnya di Bali.

Baca juga :  KSU Pemogan Gelontorkan 1.258 Paket Kebutuhan Pokok Kepada Anggota

Namun dari produktivitas jauh lebih unggul. Kalau gabah kering hasil panen petani 29.331 ton dan dijadikan beras menghasilkan 20.000 ton setiap tahun. ”Hasil panen petani belum mampu memenuhi kebutuhan bahan pokok khususnya beras di Denpasar. Mencukupi kebutuhan akan beras didatangkan dari kabupaten lain di Bali dan Pulau Jawa,’’ katanya. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini