Bale Piasan Pura Paibon Arya Wang Bang Pinatih Terbakar

0
45
Picsart 07 18 04.04.07
TERBAKAR - Bale Piasan Pura Paibon Arya Wang Bang Pinatih di Dusun Jelantik Mamoran, Desa Tojan, Klungkung yang terbakar pada rahina Tumpek Landep, Sabtu (18/7/2020) siang.

Semarapura, DenPost

Bale Piasan Pura Paibon Arya Wang Bang Pinatih di Dusun Jelantik Mamoran, Desa Tojan, Klungkung terbakar pada rahina Tumpek Landep, Sabtu (18/7/2020) siang. Diduga penyebab kebakaran karena sisa dupa usai persembahyangan Tumpek Landep. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun kerugian dalam kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan, kebakaran diketahui sekitar pukul 12.00 wita. Kejadian ini sontak membuat warga yang tinggal di sekitar Pura kaget. Karena api langsung membesar dan membakar bale piasan yang digunakan untuk menaruh pengangge dan seperangkat gong bale ganjur.

Baca juga :  Harga Anjlok, Peternak Ayam Potong di Klungkung Kurangi Bibit

Untungnya, petugas pemadam kebakaran Klungkung yang mendapat laporan langsung turun mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran sehingga api tidak merembet ke bangunan atau pelinggih yang lain.

“Api sudah dapat dipadamkan. Hanya bale piasan saja yang hangus terbakar,” terang Kasatpol PP dan Damkar Klungkung, Putu Suarta.

Menurut Putu Suarta, kerugian dalam musibah kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 300 Juta. Karena tidak hanya bangunan bale piasan yang beratap genteng yang hangus terbakar, namun juga seperangkat gong bale ganjur dan pengangge pura yang ada di dalam bale piasan ikut terbakar.

Baca juga :  Pura Dalem Setra Batununggul Terbakar

“Analisa sementara penyebab kebakaran tersebut akibat kelalaian karena sebelum kejadian ada yang maturan dengan dupa. Tapi hal ini masih lidik karena untuk penyebabnya masih diselidiki pihak kepolisian,” kata Putu Suarta. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini