Pilkada Serentak, Kampanye Terbuka Tak Dilarang

0
7
Pilkada Serentak, Kampanye Terbuka Tak Dilarang
PKPU - Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, menyerahkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) kepada Wakil DPRD Kota Depasar, I Wayan Mariyana Wandhira, usai rapat dengar pendapat.

Dangri, DenPost

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan  9 Desember 2020 mendatang. Berkenaan dengan hal itu, KPU Kota Denpasar telah melakukan berbagai kegiatan. Selain berbagai persiapan, sejumlah regulasi terkait dengan masa kampanye serta pencoblosan sudah pula diatur.

Itu diungkapkan Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya,  saat rapat kerja dengan Komisi I DPRD Denpasar, Senin (20/7/2020). Dia  mengungkapkan, sejumlah persiapan proses pilkada untuk pemilihan walikota dan wakil walikota sudah berlangsung. Ada sejumlah kebijakan yang diatur dalam PKPU yang menjadi dasar landasan pelaksanaan semua tahapan pilkada. Termasuk dalam kegiatan kampanye.

Baca juga :  Mencuat, Usulan PSBB di Denpasar

Meski dalam masa pandemi covid-19, kampanye terbuka masih diizinkan. Hanya saja, semua tetap harus mengacu pada protokol kesehatan. Misalnya saja, jumlah peserta harus terukur dengan kapasitas ruangan. Bila kapasitas ruangan 100 orang, maka dengan menerapkan protokol kesehatan, maka yang bisa mengikuti kampanye hanya 50 persennya saja. Demikian pula sebelum mengikuti kegiatan, semua harus wajib melakukan prilaku hidup bersih agar terhindari dari covid-19.

Baca juga :  Polda Bali Gelar Lomba Lari, Ini Hadiahnya

Dalam rapat kerja yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira,  juga terungkap pertanyaan dari dewan, terkait kewenangan KPU bila terjadi pelanggaran protokol kesehatan.

Terhadap pertanyaan ini, Arsa Jaya menyebutkan, KPU tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penindakan. Namun, dipastikan kewenangan untuk itu akan dilakukan Bawaslu, karena mereka akan selalu hadir dalam setiap kegiatan. ‘’Sosialisasi akan lebih diintensifkan, sehingga masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan,’’ katanya. (105)

Baca juga :  Cegah Transmisi Lokal Dalam Tahapan Pilkada, KPU Pastikan PPDP Tak Reaktif

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini