109 Warga Sesetan Jalani Swab, Enam Orang Positif

0
14
109 Warga Sesetan Jalani Swab, Enam Orang Positif
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Denpasar, DenPost

Setelah Kepala Lingkungan (Kaling) Banjar Dukuh Sari, Kelurahan Sesetan, Densel terkonfimasi positif covid-19, ada 109 warga Sesetan yang menjalani tes swab. Mereka adalah warga yang sempat kontak dengan Kaling yang meninggal pada Jumat (17/7/2020) itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Senin (20/7/2020) mengatakan, dari 109 warga Sesetan yang diswab di Banjar Dukuh Sari pada 14, 15 dan 16 Juli lalu, hasilnya 63 orang negatif, sedangkan yang positif covid-19 sebanyak 6 orang. Sisanya sebanyak 40 orang hasil swab belum keluar. ”Untuk 109 orang ini, sudah kami lakukan isolasi mandiri dari hasil tracking pelaksanaan upacara panca yadnya (pawiwahan) salah satu warga di Sesetan. Saat upacara pawiwahan itu, almarhum juga hadir,” terangnya.

Baca juga :  Isolasi PMI, Denpasar Siapkan Gedung KNPI dan Hotel

Meski almarhum diduga tak terpapar virus corona saat upacara pawiwahan itu, namun pihaknya kembali mewanti-wanti kepada masyarakat yang melaksanakan upacara adat untuk memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) dalam masa pandemi covid-19 meski ditetapkan sebagai new normal. Mengingat, adanya surat keputusan bersama Majelis Madya, Parisadha dan pemerintah bagaimana parikrama (pelaksanaan) upacara panca yadnya. ”Kehadiran warga tetap dibatasi dan jika mengadakan kegiatan upacara adat, protokol kesehatan juga harus diperhatikan. Seperti jaga jarak, jumlah warga yang dibatasi, memakai masker dan sarana dan prasana juga disiapkan seperti hand sanitizer dan tempat cuci tangan di lokasi upacara,” ucapnya.

Baca juga :  Sebelum Masuk, Peserta Rakerda PDIP Harus Jalani Ini

Selain itu, saat berlangsung upacara adat, para tamu atau undangan diperiksa suhu tubuhnya. ”Seperti halnya ke kantor-kantor yang melakukan pengecekan suhu tubuh dan menyiapkan sarana cuci tangan dan hand sanitizer. Itulah yang disebut dengan new normal bukan normal seutuhnya dengan mengabaikan protokol kesehatan. Meski dikatakan new normal yang produktif dan aman, protokol kesehatan itu jangan sampai dilupakan,” tandasnya.

Sementara itu, jenazah Kaling Dukuh Sari saat ini masih dititipkan di kamar jenazah RSUP Sanglah. Menurut Dewa Rai, jenazah kaling ini akan dikremasi di Taman Mumbul pada 30 Juli mendatang. (112)

Baca juga :  Pemprov Bali Gratiskan BBNKB Hingga 18 Desember 2020

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini