PLN Masih Terima Keluhan Akibat Layang-layang

0
5
PLN Masih Terima Keluhan Akibat Layang-layang
PLN - Petugas PLN saat memperbaiki sambungan listrik yang terganggu akibat dihantam layang-layang.

Dangin Puri, DenPost

Kendati sosialisasi gencar dilakukan, PLN Unit Induk Daerah (UID) Bali masih saja menerima keluhan kerusakan sarana akibat layang-layang. Misalnya pada Minggu (19/7/2020), listrik padam di wilayah Kuta, Denpasar Selatan, dan Denpasar Timur.

General Manager PLN UID Bali, Adi Priyatno, mengatakan, gangguan kelistrikan itu akibat sebuah layang-layang berukuran besar jatuh tepat di Bus Bar 150 kiloVolt (kV) Gardu Induk (GI) Pesanggaran.

Baca juga :  Gubernur Koster Petakan Proyeksi Perubahan Pendapatan Daerah

“Ketika terjadi gangguan, petugas kami segera ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Kami lakukan manuver jaringan dari GI pemecutan, GI Sanur, GI Bandara dan GI Nusa Dua. Prosesnya 23 menit, listrik kembali menyala,” ungkapnya melalui siaran pers, Senin (20/7/2020).

Mencegah gangguan kelistrikan terhadap objek sentral, di Bandara Intenasional I Gusti Ngurah Rai misalnya, PLN telah memasang alat pemindah akses listrik secara otomatis. Dengan begitu saat terjadi gangguan, tidak mengalami pemadaman karena sumber pasokan listrik telah dipindahkan ke jaringan normal. “Kami sudah siapkan beberapa sumber jaringan sehingga ketika satu jaringan mengalami gangguan, bisa dialirkan oleh jaringan yang lain,” terang Adi.

Baca juga :  Siap-siap Didatangi Satpol PP, Jika Anda Tak Lakukan Ini

Kata dia, hingga bulan Juli, tercatat sudah 74 kali padam terjadi di sekitar wilayah Bali yang disebabkan oleh gangguan layang-layang. PLN pun telah bekerjasama dengan Gubernur, Kapolda, Pangdam, Majelis Desa Adat, dan tokoh masyarakat, untuk mengimbau masyarakat tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik.

“Kami imbau masyarakat untuk tidak bermain di dekat jaringan, karena selain berbahaya bagi diri sendiri, ini juga bisa menyebabkan pemadaman listrik yang merugikan banyak orang,” pungkas Adi. (106)

Baca juga :  Corona di Bali : Positif 311, Sembuh 204, dan 103 Dirawat

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini