Gara-gara Ini Pembayaran Ganti Rugi Lahan Resevoar Belum Tuntas

0
4
Gara-gara Ini Ganti Rugi Lahan Resevoar Belum Tuntas
Ketut Sedana Merta

Amlapura, DenPost

Peresmian resevoar air Telaga Waja di Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Minggu (5/7/2020) lalu oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri sempat menuai polemik. Permasalahan muncul dari warga yang belum mendapatkan ganti rugi lahan yang digunakan untuk resevoar. Hal tersebut terungkap saat Komisi III DPRD Provinsi Bali melakukan peninjauan beberapa hari usai peresmian.

Menanggapi masalah itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta angkat bicara. Ia mengungkapkan pemerintah daerah tak secara sengaja menunda pembayaran ganti rugi, melainkan pihak yang belum terbayarkan belum memiliki administrasi secara lengkap. “Ada memang lahan yang sudah dieksekusi tapi sertifikat belum jadi karena berbagai kendala. Seperti yang punya telah meninggal dan  belum mengurus akta kematian misalnya, sehingga secara administrasi sedikit terhambat,” ungkapnya.

Baca juga :  KPU Ingatkan Paslon Tak Lakukan Ini Selama Kampanye

Lebih lanjut ia mengungkapkan, ada sekitar 80 pemilik lahan yang belum menerima uang pembayaran. Jumlah tersebut tak hanya pembebasan lahan untuk resevoar, melainkan juga untuk jalan dan keperluan yang menunjang operasional resevoar lainnya. “Bukan berarti semua belum dibayar. Hanya saja 80 orang tersebut memang sedang mengurus administrasi. Karena target dari pemerintah daerah bagaimana air dapat cepat mengalir,” imbuhnya.

Tak lepas tangan begitu saja, sebelumnya Pemkab Karangasem bahkan telah membuat surat pernyataan ke seluruh pemilik tanah yang digunakan dalam membangun resevoar ini. Pihaknya beranggapan surat pernyataan tersebut telah menjadi bukti bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah yang pasti akan membayar ganti rugi lahan. “Intinya ada yang sudah dieksekusi, tapi sertifikat belum jadi,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Di Karangasem, Harga Cabai Tembus Rp 90 Ribu

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini