Transmisi Lokal Kian Meluas, 3 Pasar di Karangasem Dilarang Ini

0
6
Picsart 07 21 05.48.42
PEDAGANG LUAR - Merebaknya kasus Covid-19, membuat tiga pasar kecamatan di Kabupaten Karangasem mengambil kebijakan untuk melarang pedagang dari luar kabupaten untuk sementara tak berjualan.

Amlapura, DenPost

Merebaknya kasus Covid-19, membuat tiga pasar kecamatan di Kabupaten Karangasem mengambil kebijakan untuk melarang pedagang dari luar kabupaten untuk sementara tak berjualan. Tiga pasar tersebut, di antaranya Pasar Pesangkan, Kecamatan Selat, dan Pasar Tukad Ling dan Rubaya, Kecamatan Kubu. Kebijakan ini diterapkan sejak akhir Juni 2020.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karangasem, Wayan Sutrisna, mengungkapkan pembatasan pedagang dari luar daerah merupakan hasil keputusan Gugus Tugas Desa dan Kecamatan. “Dari 14 pasar yang dikelola Pemerintah Karangasem, hanya 3 pasar yang menerapkan kebijakan seperti itu,” jelas Sutrisna.

Baca juga :  Hilang Sehari, Cenik Diselamatkan Nelayan Kusamba

Dalam masa pandemi, pihaknya memang memberi keleluasaan pada Satgas Desa untuk memutuskan terkait hal tersebut. Mengingat, kasus transmisi lokal di Karangasem kian meningkat. “Hasil evaluasi di desa dan kecamatan sifatnya sementara, sebab kita tak ingin terjadi klaster pasar,” ujarnya.

Tak hanya upaya pembatasan pendagang, Disperindag Karangasem terus berupaya memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan di seluruh pasar di Karangasem. Fasilitas berkaitan dengan protokol kesehatan telah disediakan. Di antaranya tempat cuci tangan dan face shield untuk para pedagang, serta setiap pedagang dan pengunjung diharuskan mengunakan masker. (yun)

Baca juga :  Krisis Air, Belasan Desa di Karangasem Ajukan Sumur Bor

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini