Berkas Lengkap, Pemalsu Suket ‘’Rapid Test’’ Segera Disidang

0
6
Berkas Lengkap, Pemalsu Suket ‘’Rapid Test’’ Segera Disidang
LIMPAHKAN BERKAS - Polres Badung melimpahkan berkas kasus tindak pidana pemalsuan suket tes cepat yang dibuat tersangka Aan Setiawan ke Kejaksaan Negeri Badung secara online pada Senin (20/7/2020). (DenPost/ist)

Mengwi, DenPost
Berkas kasus tindak pidana pemalsuan surat keterangan (suket) rapid test (tes cepat) yang dilakukan tersangka Aan Setiawan (35) dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Badung. Kejaksaan telah melaksanakan tahap II dengan penyerahan tersangka beserta barang bukti (BB) secara online pada Senin (20/7/2020).

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Badung Hari Wibowo, didampingi Kasipidum Rahmady Seno Lumaksono, Selasa (21/7) kemarin, tersangka Aan Setiawan ditangkap lantaran membuat suket kesehatan dan surat jalan atau pernyataan palsu agar bisa membawa penumpang dari Bali ke Jawa. Tersangka membuat surat dengan meniru dari internet. Setelah itu tersangka membubuhkan kop surat dengan kop surat perusahaan tempat tersangka bekerja.

Selanjutnya surat buatan itu dicetak banyak oleh tersangka dengan membubuhkan stempel bertuliskan ‘’Puskesmas IV Denpasar Selatan’’ dan ‘’PT Kreasi Sentosa Abadi’’. Suket sehat dan surat jalan atau pernyataan ini kemudian dijual tersangka kepada penumpang yang hendak pulang kampung, namun tidak memiliki kelengkapan diri, dengan harga Rp250 ribu.

Baca juga :  Jaga Lingkungan Bersih, Desa Adat Abianbase Berlakukan Ini

Ketika menjemput penumpang dan hendak menuju Pelabuhan Gilimanuk, kendaraan tersangka bernopol W 7118 US diberhentikan polisi di Jalan Raya Mengwitani, dekat Pospam Ketupat Covid-19, untuk diperiksa. “Saat itu ditemukan sepuluh bendel surat keterangan sehat dan surat jalan atau pernyataan yang identitasnya tidak sesuai dengan identitas penumpang dari tangan tersangka,” beber Hari Wibowo.

Setelah diperiksa petugas jaga Pos Ketupat Covid-19 di Jalan Raya Mengwitani, pada 20 Mei 2020, tersangka digelandang ke Polres Badung. Dia diduga melanggar Pasal 263 Ayat (1) KUHP. Sedangkan barang buktinya yakni satu mobil Izusu beserta STNK-nya diserahkan ke Kejari Badung. (yan)

Baca juga :  Ditengah Merebaknya Covid-19, Polres Badung Lakukan Antisipasi Kamtibmas  

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini