Buang Limbah Sembarangan, Usaha Potong Ayam di Gelgel Ditertibkan

0
8
Buang Limbah Sembarangan, Usaha  Potong Ayam di Gelgel Ditertibkan
LIMBAH - Anggota Satpol PP Klungkung menunjukkan limbah usaha potong ayam di Gelgel, Senin (20/7/2020)

Semarapura, DenPost
Satpol PP Klungkung menertibkan usaha pemotongan ayam di Dusun Tangkas, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung. Hal ini dilakukan lantaran pemilik usaha membuang limbah sembarangan. Limbahnya dibuang ke got sehingga mencemari lingkungan, termasuk persawahan milik petani.

“Anggota kami turun pada Senin (20/7/2020) dan Selasa (21/7/2020) memanggil keluarga pemilik usaha potong ayam itu untuk dibina,” ujar Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Putu Suarta.

Menurut dia, penertiban usaha potong ayam ini dilakukan setelah satpol PP menerima pengaduan dari pihak desa, yang mengeluhkan limbah bekas pemotongan ayam memunculkan bau tak sedap. Berbekal pengaduan itu, Suarta menugaskan anggotanya mengecek ke lokasi. Ternyata pemilik usaha tidak memiliki septic tank, sehingga limbah dibuang ke got. “Saat anggota kami turun, pemilik usaha masih di Jawa. Tapi anggota keluarganya yakni Ach Syofi mengakui di sana tidak ada septic tank. Yang bersangkutan menyatakan san
ggup membuat septic tank,” tegas Suarta.

Baca juga :  Omzet Turun, Ribuan UMKM di Klungkung Terancam Gulung Tikar  

Dia menyampaikan usaha potong ayam ini sebenarnya sudah berjalan lama. Semestinya pemilik menyiapkan septic tank untuk menampung limbah. Suarta menengarai masih ada usaha rumah tangga, dimana pengelolaan limbahnya tidak bagus alias dibuang sembarangan. Karena itu, dia mengingatkan setiap usaha rumah tangga wajib menyiapkan tempat penampungan limbah.

“Untuk sementara waktu, kami bina dulu. Kalau terus membuang limbah ke got, barulah diambil tindakan tegas,” imbuhnya. (wia)

Baca juga :  Bupati Suwirta "Obok-obok" Duktang di Eks Galian C

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini