Tukad Taman Pancing Berbusa, DLHK Denpasar Pelototi Ini

0
15
Picsart 07 22 06.50.12
CEK USAHA LIMBAH - DLHK Kota Denpasar, saat melakukan pengecekan ke tempat usaha di sekitar Tukad Taman Pancing yang berbusa, Rabu (22/7/2020).

Denpasar, DenPost

Tukad (sungai) Taman Pancing, Desa Pemogan, Densel kembali berbusa, Rabu (22/7/2020). Menindaklanjuti laporan warga terkait kondisi ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, langsung melakukan pengecekan.

Karena seringkali Tukad Taman Pancing berbusa, maka DLHK Denpasar pun langsung menyasar usaha-usaha di areal Tukad Taman Pancing. “Kami mengecek usaha yg menghasilkan limbah, seperti usaha sablon, laundry dan usaha cuci mobil dan sepeda motor yang ada di sekitar sungai. Karena masih pandemi Covid-19, sidak ini kami lakukan bertahap,” kata Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Kota Denpasar, IA Indi Kosala Dewi.

Baca juga :  Klaim JHT BP Jamsostek Bakal Dilayani Daring

Dikatakan Indi, saat pihaknya turun ke lokasi sekitar pukul 08.30 Wita, busa tersebut sudah tak ada. Selain melakukan pengecekan dan sidak, pihaknya juga melakukan uji lab sampel air di Taman Pancing, di mana hasil pengujian ini akan keluar 5 hari mendatang. “Sebelumnya juga sudah pernah dilakukan pengujian dan diketahui kualitas air di Tukad Taman Pancing berada di bawah baku mutu, namun belum begitu berbahaya. Yang berbahaya itu, kalau ada warna yang pasti itu disebabkan pewarna textile,” ujarnya.

Baca juga :  Denpasar Kembali Tak Ada Penambahan Kasus Positif Baru

Pihaknya juga mengaku sudah pernah menindak pemilik usaha yang membuang limbah ke sungai tersebut. Bahkan ada yang sudah disidang tipiring sebanyak dua kali dengan denda Rp1,5 juta. Karena kejadian ini berulang lagi, pihaknya pun akan meminta data usaha yang ada di sekitar sungai itu kepada pihak desa. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini