Tanah “Teba” Dijadikan PKD, Puluhan Warga Datangi BPN

0
8
Picsart 07 22 07.51.29
DATANGI BPN - Puluhan warga Desa Adat Jro Kuta Pejeng dan Desa Adat Panglan, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar mendatangi Kantor BPN Gianyar, Rabu (22/7/2020).

Gianyar, DenPost

Puluhan warga Desa Adat Jro Kuta Pejeng dan Desa Adat Panglan, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring mendatangi Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Gianyar, Rabu (22/7/2020) pagi.

Kedatangan mereka untuk menyampaikan keberatan tanah “teba” maupun tegal krama diterbitkan sertifikat hak milik atas nama desa adat atau dijadikan tanah PKD (pekarangan desa). Pertemuan antara warga dengan pihak BPN Gianyar berlangsung tertutup.

Baca juga :  Lakalantas, Seorang Bidan Tewas

Pertemuan mulai pukul 10.00 Wita dan berakhir pukul 11.00 Wita. Kasus ini juga dilaporkan kepada pihak kepolisian. Kasus ini sedang ditangani Polres Gianyar.

Usai pertemuan, perwakilan warga, Putu Puspawati, mengatakan kedatangan mereka ke BPN Gianyar untuk menindaklanjuti surat keberatan dari warga Desa Pejeng. Bahwa tanpa sepengetahuan warga, tanah teba warga dijadikan PKD. “Yang kita masalahkan, kita tidak mau tanah kita semuanya dijadikan sertifikat hak milik atas nama desa adat atau PKD,” kata Putu Puspawati, yang juga pengacara ini.

Baca juga :  Puluhan Tempat Wisata Gianyar Telah Diverifikasi

Keberatan dijadikan PKD, karena selama ini tanah teba maupun tegalan warga rutin membayar SPPT (surat pemberitahuan pajak terutang). “Karena ada SPPT masing-masing warga, baik berupa teba maupun tegal. Di samping itu, PKD itupun tidak jelas mana batas-batasnya. Dan kami tidak tahu menahu juga proses permohonan sertifikat tersebut,” katanya.

Kasus ini, menurut warga ada indikasi pemalsuan surat-surat. “Kami sudah lapor polisi. Menurut kami ada dugaan pemalsuan. Untuk perkembangannya, siapa jadi tersangka atau saksi itu pengembangan di ranah kepolisian,” tegasnya. (116)

Baca juga :  Jelang FIFA, Stadion Dipta Gianyar Akan Direnovasi

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini