Gairahkan Bank Sampah, Begini Strategi Kelurahan Ubung

0
7
Gairahkan Bank Sampah, Begini Strategi Kelurahan Ubung
SOSIALISASI - Lurah Ubung, Arianta menyosialisasi program tabungan sampah yang disinergikan porgram tabungan emas.

Ubung, DenPost

Gairahkan bank sampah, Kelurahan Ubung bersinergi dengan PT. Pegadaian. Hal itu dikatakan Lurah Ubung, Wayan Arianta, saat menerima bantuan berupa motor angkutan sampah dari PT. Pegadaian, Kamis (23/7/2020).

Arianta menjelaskan, langkah ini dilakukan untuk menggairahkan gerakan bank sampah di wilayahnya yang selama empat bulan terakhir melesu. Ini disebabkan berkurangnya aktivitas masyarakat akibat pandemi covid-19.

“Kami mengajak nasabah untuk ikut program tabungan emas. Jadi tabungan dari pengumpulan sampah disisihkan untuk ikut program tabungan emas,” terangnya.

Baca juga :  PHDI Bali Tanggapi ‘’Segehan Wong-wongan'’ yang Viral di Medsos

Saat ini, Kelurahan Ubung telah memiliki satu unit bank sampah induk, yakni Bank Sampah “Citra Ubung Lestari”, yang beranggotakan 170 nasabah dari empat banjar/ lingkungan. Dia menjelaskan, gerakan bank sampah ini berlangsung sejak 2014 silam.

Seiring sosialisasi dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dan nasabah, selanjutnya keberadaan bank sampah ini dikembangkan lebih representatif. Melalui terobosan ini, dia berharap dapat membantu perekonomian masyarakat, sekaligus mewujudkan wilayah yang bersih.

Baca juga :  Biayai Anak Sakit, Mantan ART Curi Motor

Terkait teknis menabung sampah, Ketua Bank Sampah “Citra Ubung Lestari”, Gede Sumantra, menjelaskan, pihaknya turun ke rumah-rumah masyarakat. Sampah yang diperoleh ditimbang di tempat, kemudian dimasukkan ke dalam tabungan sampah.

Sampah dihargakan beragam. Mulai dari Rp 1.000 per kilo, hingga Rp 5.000 per kilo. Jenis aluminium bahkan lebih mahal. Setelah diangkut, kemudian sampah tersebut dipilah, dipisahkan antara organik dan nonorganik, untuk kemudian dijual kepada pengepul.

Baca juga :  Uang Hasil Membegal Diduga Dipakai untuk Ini

“Setelah sampah terjual, kami terima uang, itu akan diserahkan kepada Pegadaian untuk program tabungan emas,” terangnya. Dia menyebutkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat menjadi nasabah bank sampah.

Kepala Departemen Gadai Area Denpasar I, Suarnawa, menambahkan, sinergi bersama Kelurahan Ubung ini sejalan dengan program PT. Pegadaian Bersih-bersih, salah satunya bersih lingkungan. Sinergi diwujudkan berupa bangunan kantor bank sampah, beserta alat pendukung. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini