Kotak Dana Punia di Pancoran Sapta Gangga Dicuri

0
11
Konsep Otomatis

Amlapura,DenPost

Aksi tak terpuji di tempat suci terjadi di Karangasem. Sebuah kotak dana punia di Pura Pancoran Sapta Gangga, Desa Adat Timbrah, Pertima, Karangasem dicuri. Kejadian pertama kali diketahui pada Jumat (24/7) pagi oleh salah satu pengelola yang hendak ke Pura. Kotak dana punia ditemukan dalam keadaan rusak di parit sebelah barat Pura.

Pangrajeg Desa Adat Timbrah, Nengah Sudarsa menuturkan pihaknya menduga pencurian terjadi sekitar Jumat (24/7) sekitar pukul 01.00 dini hari. “Ada petani sekitar yang bilang melihat sinar senter sekitar pukul 01.00 di areal Pura,” jelasnya. Dalam kotak pihaknya memperkirakan uang sebesar 450 ribu rupiah. “Uang dana punia pengunjung sejak seminggu terakhir. Maunya hari ini dibuka,” ungkap Pensiunan ASN yang sempat menjabat Sekda Karangasem ini.

Baca juga :  Pendaftaran Calon Dibuka 4 Sampai 6 September, Lidartawan Minta Ini

Mendapati kotak dalam keadaan rusak tanpa isi pada Jumat pagi, ketua pengelola langsung melaporkan kejadian ke Polsek Karangasem. “Petugas dari Polsek sudah melakukan lidik tadi,” imbuhnya.

Pihak pengelola sebelumnya rutin menyimpan kotak dana punia setiap malam di Jeroan pura. Sebelum Pandemi Covid-19 kotak biasa buka setiap sore oleh petugas Pokdarwis dan di tabung di Community Based Development (CBD). Namun  selama pandemi, pemasukan dana punia tidak signifikan. “Sehingga pihak pengelola memutuskan untuk dibuka setiap minggu, tepatnya hari Jumat untuk langsung ditabung di CBD,” ungkap Sudarsa. (Yun)

Baca juga :  Beli Sayur Petani Kintamani, Komunitas dari Desa Galang Donasi

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini