Kota Denpasar Masuk Zona Oranye

0
5
Picsart 07 24 05.51.04
Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Denpasar, DenPost

Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Denpasar masih fluktuatif. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (24/7/2020), tercatat perkembangan kasus positif 1.195 orang, kasus sembuh 854 orang, meninggal dunia 14 orang dan yang masih dalam perawatan 327 orang.

Dengan demikian, prosentase kesembuhan pasien tercatat 71,46 persen, sehingga wilayah Kota Denpasar dinyatakan sebagai zona oranye. Perubahan warna zona ini, seperti dirilis dari Peta Penanganan Covid-19 GTPP Pusat yang sesuai dengan kriteria dari BNPB.

Baca juga :  Siswa SMPN 1 Denpasar Gelar Bakti Sosial

“Indeks penularan harian juga cenderung menurun dan kasus sembuh juga terus meningkat. Denpasar saat ini ada pada kisaran 1,06 dengan jumlah tes yang terus digencarkan,” ujar Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Dari angka itu, Dewa Rai menjelaskan artinya seorang yang positif Covid-19 hanya menularkan virus positif pada satu orang. Bahkan, ada seorang positif Covid-19 yang tidak menularkan virusnya kepada orang lain. Kondisi tersebut, berbanding terbalik saat zona merah, di mana indeks penularan lebih tinggi. Seorang positif Covid-19 bisa menularkan virus kepada satu hingga lebih dari dua orang.

Baca juga :  Satpol PP Amankan lima Pengasong Cilik

Indikator zona orange juga didasari angka kematian pasien. Data menyebutkan, jumlah kematian warga positif Covid-19 di Kota denpasar tercatat 14 orang atau 1,17 persen dari jumlah warga yang terpapar Covid-19. Sedangkan pasien yang dirawat tercatat sekitar 27,36 persen. Meski zona orange, masyarakat tidak boleh lengah tetapi justru harus tetap waspada, sehingga kondisi saat ini bisa perlahan membaik dan masyarakat dapat kembali produktif meski dengan adaptasi kebiasaan baru. (112)

Baca juga :  Klaster Upacara Ngaben, Satu Warga Sanur Kaja Kembali Meninggal Akibat Covid-19

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini