Dukung Fungsi Pers, Koster Sebut Pemprov Siap Fasilitas Pelatihan Wartawan

0
7
Dukung Fungsi Pers, Koster Sebut Pemprov  Siap Fasilitas Pelatihan Wartawan
BERSAMA PENGURUS - Gubernur Koster dan Putri Koster bersama Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari bersama pengurus PWI dan IKWI Provinsi Bali periode 2019-2024, Jumat (24/7/2020).

Sumerta Klod, DenPost
Gubernur Bali Wayan Koster menyebutkan bahwa dia berkomitmen meningkatkan kualitas pers di Bali. Hal itu merupakan apresiasinya kepada lembaga pers yang selama ini menjadi media komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. Gubernur Koster menyampaikan hal itu saat menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Bali periode 2019-2024, Jumat (24/7/2020), di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali.

“Wartawan juga bisa kami difasilitasi dalam rangka peningkatan kualitas SDM. Pelatihan-pelatihan yang diperlukan, silakan dilaksanakan PWI. Kami akan memfasilitasi. Karena sekarang tuntutan semakin tinggi, kualitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat,” terangnya, di hadapan para pimpinan media di Bali.

Selain mendukung peningkatan kualitas SDM, Koster menyebutkan pemerintah akan mendukung agar PWI memiliki gedung yang representatif. Selama kepemimpinannya, Koster menilai sinergi antara pemerintah dengan lembaga pers dalam menyampaikan program pemerintah sudah cukup baik. Dia menyadari bahwa peran pers dalam menyukseskan program pemerintah sangat penting dan strategis.

Baca juga :  Seorang PNS Provinsi Bali Meninggal Covid-19

Penting yang dia maksud yakni fungsi pers dalam mengedukasi masyarakat. Menurutnya, perkembangan era menuntut keterbukaan informasi dan mengedepankan kualitas komunikasi, baik langsung maupun tidak langsung. “Sesuatu yang dilakukan oleh Gubernur melalui kebijakannya harus diketahui oleh masyarakat. Mengetahui hak dan kewajiban yang harus dilakukan,” terang Koster.

Dengan dilantiknya pengurus anyar, Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengajak PWI Bali agar terlibat aktif memberikan kesadaran pada masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan covid-19. “Kita dorong terus terutama disiplin untuk protokol kesehatan ini, masyarakat kita tolong supaya cepat selesai di sini,” bebernya.

Baca juga :  Strategi Pulihkan Ekonomi, Bali Punya Tiga Alternatif

Dia berharap provinsi Bali bisa segera bangkit dengan industri pariwisata yang saat ini dalam keadaan terpuruk akibat covid-19. “Karena (Bali) ini adalah lokomotif pariwisata nasional,” tegasnya.

Depari memberi apresiasi atas inisiatif Pemerintah Provinsi Bali yang membantu media di Pulau Dewata melalui insentif kerja sama untuk mengurangi dampak yang dirasakan pekerja pers akibat pandemi covid-19.

Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra menambahkan PWI Bali terlibat aktif dalam percepatan penanganan covid-19 di Bali dengan sering melakukan kegiatan sosial. Yang terpenting bagaimana wartawan memberikan informasi yang benar dan melakukan edukasi masyarakat untuk menghadapi pandemi covid-19.

Baca juga :  Satpol PP Bubarkan Kerumunan Nasabah PT Gold

Dia berharap media bisa mengedukasi masyarakat tanpa menimbulkan ketakutan. “Bagaimana kita menyikapi secara benar, baik dengan protokol kesehatan atau dengan cara-cara yang lain yang memang bisa kita lakukan,” ungkapnya. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini