Peserta Alami PHK, BP Jamsostek Sediakan Pelatihan Kerja

0
7
Picsart 07 24 06.45.22
Kepala BP Jamsostek Cabang Bali-Denpasar, Mohamad Irfan.

Sumerta Klod, DenPost

Berempati kepada peserta yang kehilangan pekerjaan, BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek menyediakan pelatihan kerja. Itu dikatakan Kepala BP Jamsostek Cabang Bali-Denpasar, Mohamad Irfan, Jumat (24/7/2020).

Pihaknya telah melakukan kordinasi bersama sejumlah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Hasilnya, BP Jamsostek akan menyediakan pelatihan barista atau peracik kopi, pelatihan usaha kuliner, serta pemasaran digital.

“Juga ada pelatihan servis AC, servis alat-alat rumah tangga dan servis kelistrikan. Yang sudah jalan itu pelatihan tata rias,” terangnya. Pada tahun 2020 ini, dia menargetkan jumlah peserta minimal 300 hingga Oktober.

Baca juga :  Waspada Virus Corona, Pelancong Wajib Lakukan Ini

Dia menegaskan, layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Akan difasilitasi makan dan uang saku. Sebagai legalitas, peserta juga akan menerima sertifikat yang dikeluarkan lembaga sertifikasi.

Adapun syarat yang harus dipenuhi, antara lain telah menjadi peserta BP Jamsostek minimal satu tahun. Sudah tidak bekerja lagi atau mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Upah saat masih bekerja sesuai Upah Mininum Provinsi dan usia maksimal 50 tahun. “Mudah-mudahan Agustus sudah bisa dimulai,” ujar Irfan.

Baca juga :  Sambil Bagi-bagi Takjil, Dit. Lantas Polda Bali Imbau Warga Tak Mudik 

Dia menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk meningkatkan keahlian peserta BP Jamsostek, dengan membuka usaha secara mandiri, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya selama pandemi Covid-19.

Setelah menuntaskan pelatihan kerja, para peserta diharapkan aktif mencari peluang untuk menerapkan keahlian yang dimilikinya. Misalnya dengan menawarkan jasa di lingkungan rumah tinggal. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini