Empat RS Terapkan Tatanan Bali Era Baru Berbasis QRIS

0
10
Empat RS Terapkan Tatanan  Bali Era Baru Berbasis QRIS
RESMIKAN QRIS - Gubernur Bali Wayan Koster saat meresmikan QRIS di RSBM pada Jumat (24/5/2020). (DenPost/ist)

Sanur, DenPost
Rumah Sakit Bali Mandara, Rumah Sakit Mata Bali Mandara, Rumah Sakit Jiwa Bali Mandara, dan Rumah Sakit Puri Raharja, resmi menerapkan tatanan kehidupan Bali Era Baru berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Penerapannya diresmikan Gubernur Bali Wayan Koster pada Jumat (24/5/2020).
Dalam sambutannya, Koster menyebutkan transaksi digital merupakan salah satu kebutuhan untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) di rumah sakit (RS), guna mencegah penularan covid-19 melalui transmisi lokal. “Saya menyambut baik program ini, karena dengan inilah betul-betul menjadi bagian dari tata kehidupan era baru,” tegasnya di hadapan para undangan, di antaranya Kakanwil Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho, Dirut BPD Bali Nyoman Sudharma, Kepala OJK Elyanus Pongsoda, serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr.Ketut Suarjaya.
Memandang pandemi covid-19 dari sisi positif, Koster menyebutkan kondisi ini memberi pengalaman dan pengetahuan baru dalam berbagai bidang. Untuk itu Pemprov Bali terus beradaptasi dengan menghadirkan berbagai kebijakan yang mengedepankan kesehatan dan pemulihan ekonomi. “Jadi sekarang bukan lagi Bali menuju era baru, tapi kita masuk Bali era baru,” bebernya, disambut tepuk tangan hadirin.
Untuk diketahui, QRIS merupakan program BI. Di Pulau Dewata, BPD Bali menjadi perbankan yang menjadi percontohan transaksi digital melalui QRIS.
Dirut BPD Bali Nyoman Sudharma menjelaskan RS milik Pemprov Bali telah terintegrasi dalam sistem pembayaran nontunai melalui QRIS. Termasuk di dalamnya penggunaan internet banking. “Dari seluruh BPD, kami (BPD Bali) nomor dua yang mendapat izin QRIS sejak 2019 lalu,” tegas Sudharma.
Hingga saat ini, menurut dia, BPD Bali memiliki 39 perusahaan penyelenggara jasa distem pembayaran (PJSP) berizin QRIS, baik perbankan maupun bukan perbankan. Maka untuk ke depan, masyarakat yang transaksi di RS dapat dilayani dengan PJSP dan bank lainnya.

Baca juga :  Terobos Lampu Merah Dua Truk Saling Seruduk

Sudharma menambahkan BPD berupaya mendukung tata kelola keuangan Pemprov Bali. Salah satunya mendukung penerapan internet banking di Kecamatan Negara, Jembrana. “Kami mengajak seluruh desa di Bali agar bisa menerapkan internet banking, sehingga transaksi lebih akuntabel,” pungkasnya.
Peresmian tatanan kehidupan Bali Era Baru ditandai dengan mengakses QRIS bersama yang dilakukam Gubernur, Kakanwil BI, Dirut BPD, dan Kadis Kesehatan Provinsi Bali. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini