Lima Pengedar Pil “Y” di Klungkung Ditangkap

0
22
Lima Pengedar Pil “Y” di Klungkung Ditangkap
PENGEDAR - Polres Klungkung mengamankan tersangka pengedar pil “Y” dan pelaku penyalahgunaan narkoba.

Semarapura, DenPost

Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Klungkung di bawah komando AKP Dewa Gde Oka tidak main-main dalam memberantas kasus narkoba. Buktinya, dalam sebulan yakni dari bulan Juni hingga Juli, tim Opsnal Sat Res Narkoba menangkap lima orang pengedar obat berbahaya jenis pil “Y”. Selain itu, petugas juga mengamankan tiga pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu- sabu (SS). Kedelapan tersangka ini ditangkap di tempat berbeda.

Menurut Dewa Gde Oka, pengungkapan kasus pengedar pil “Y” ini berawal dari ditangkapnya salah seorang tersangka bernama Sendi Ahmad (20) asal Banyuwangi di tempat kosnya di Desa Gelgel pada awal bulan Juni. Saat itu pria yang bekerja sebagai mekanik ini ditangkap karena menyimpan sembilan paket pil “Y” di kamar kosnya.

Baca juga :  Satu ASN di Klungkung Positif Covid-19

“Dari hasil interogasi yang kami lakukan, tersangka (Sendi) mengaku mendapatkan pil tersebut dari jaringan di Denpasar sehingga  kami langsung melaksanakan penyelidikan secara berturut-turut,” ujar Dewa Oka, Jumat (24/7/2020).

Setelah melakukan penyelidikan ke Denpasar, petugas kemudian menangkap empat tersangka lainnya yakni Eko Yudi Setiawan (23), Misgianto (33), David Apriliyanto (23) dan Ani Yuliani (25).  Keempatnya ditangkap di lokasi berbeda. Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa 40 paket yang berisi 391 butir pil “Y”,  uang Rp12.220.000, empat HP, tas kain orange berisi plastik klip pembungkus pil “Y” dan sembilan pembungkus rokok yang digunakan menjual pil “Y”.

Baca juga :  Pantau Posko Gotong-royong, Suiasa Tekankan Ini

Berdasarkan bukti-bukti tersebut, kelima tersangka ditetapkan sebagai pengedar karena diduga kuat telah melakukan tindak pidana dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi tanpa izin edar sebagaimana dimaksud dalam pasal 197 UU RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan jo pasal 55 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar.

Selain mengungkap jaringan pengedar pil “Y”, jajaran Sat Narkoba Polres Klungkung juga berhasil meringkus tiga tersangka kasus peredaran gelap dan penyalahgunaa narkotika jenis sabu pada tanggal 17 Juli 2020. Pengungkapan kasus ini berawal dari ditangkapnya salah seorang tersangka bernama I Putu Nanda Aryadi Putra (19), alamat Br. Sengguan, Semarapura Kangin. Dari tangannya petugas menemukan empat paket SS.

Baca juga :  Pasien Positif Covid-19 di Jembrana Bertambah Dua Orang

Setelah diinterogasi, SS tersebut didapat dari rekannya bernama Kadek Yogi Ananta (24)  Jln. Hasanudin, Lingk. Besang Kangin, Kelurahan Semarapura Kaja dan Ketut Sukadana (20) alamat Jln. Dewi Sartika, Lingk. Besang Kangin, Kelurahan Semarapura Kaja. “Setelah kami mendapat informasi ini, kami langsung menangkap kedua tersangka di rumahnya masing-masing,” ungkap Dewa Oka. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini