Tenaga Pengangkut Sampah Mengadu ke Ketua DPRD Buleleng

0
5
Tenaga Pengangkut Sampah Mengadu ke Ketua DPRD Buleleng
ASPIRASI - Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, saat menerima aspirasi para tenaga kebersihan, Jumat (24/7/2020) di gedung DPRD Buleleng.

Singaraja, DenPost

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna,  menerima ratusan tenaga pengangkut sampah pada Dinas Lingkungan Hidup terkait pendapatan yang menurun, Jumat (24/7/2020) siang.

Menurut salah seorang tenaga pengangkut sampah, Gede Suardika, mereka yang datang merupakan tenaga pengangkut sampah berstatus Tenaga Harian Lepas (THL). Mereka datang guna mengadukan nasib mereka akibat berkurangnya pendapatan akibat kebijakan pimpinan yang belum bisa mereka terima. Pasalnya dari tiga puluh hari kerja dalam sebulan, kini mereka diharuskan libur dua hari. Ini akan mengurangi penghasilan mereka, karena jika mereka diliburkan otomatis mereka tidak dibayar.

Baca juga :  Empat Orang, Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Buleleng

“ Akibat kebijakan pimpinan ini kami merasakan sekali dampaknya yaitu pendapatan kami jadi berkurang, “ terangnya.

Rata rata dari mereka menerima pendapatan untuk setiap harinya Rp 75 ribu untuk sopir dan Rp 45 ribu untuk tenaga angkut selama empat jam kerja.  Jadi total dalam sebulan jika mereka bekerja dalam tiga puluh hari akan mendapatkan penghasilan antara Rp 2,225,000 untuk sopir dan Rp 1.350,000, untuk tenaga pengangkut.

Baca juga :  "Kewanian", Tim TRC BPBD Buleleng Mesti Lakukan Ini

Mereka juga berharap kedepan biar ada semacam jaminan kesehatan khusus untuk para pekerja. “Pekerjaan ini sangat berisiko bagi kesehatan  karena kami harus berhadapan langsung dengan sampah, yang tentu di samping sebagai sarang penyakit kami juga harus berhadapan dengan benda-benda berbahaya seperti paku dan benda tajam lainnya, ini juga biar ada perhatian,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Supriatna mengatakan akan segera melakukan koordinasi dengan  Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait untuk membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pekerja kebersihan. “Kalau terkait dengan anggaran kami di DPRD tentu akan memperjuangkan dan mudah-mudahan di anggaran perubahan ini kita bisa lakukan,” katanya. (118)

Baca juga :  Pedagang yang Tewas di Depeha Alami Empat Luka Kekerasan Tumpul

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini