Selain Kebakaran, Diskarmat Badung Juga Tangani Ini

0
9
Picsart 07 26 08.18.33
TANGANI ULAR - Petugas Diskarmat Badung, saat menangani ular piton di salah satu rumah warga di Kuta, belum lama ini.

Kuta, DenPost

Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Badung, selain menangani kebakaran juga aktif diminta bantuan untuk mengevakuasi ular yang masuk ke dalam rumah warga. Bahkan sejak bulan Januari lalu, total sebanyak 76 ular yang berhasil disingkirkan dari pekarangan warga.

“Itu merupakan bentuk respon kami kepada permintaan masyarakat. Sehingga tim Rescue yang kami miliki juga diberdayakan untuk membantu masyarakat menyikapi potensi ancaman keselamatan oleh binatang. Salah satunya, yaitu ular,” kata Kepala Diskarmat Badung, Wayan Wirya, Minggu (26/7/2020).

Baca juga :  Perketat Pengawasan Saat Pantai Kuta Dibuka, Desa Adat Disarankan Bentuk Ini

Dia mengakui kalau secara khusus
anggotanya para memang belum pernah mendapat pelatihan secara khusus terkait penanganan binatang berbahaya tersebut. “Mereka belajar secara otodidak, termasuk membuat alat tangkapnya, baik itu melalui Youtube ataupun sharing antaranggota. Tapi ke depan, tentu kami akan upayakan untuk memberi pelatihan semacam itu,” ujar Wirya.

Mantan Camat Kutsel ini mengungkapkan, selain evakuasi ular, ada beberapa kegiatan Tim Rescue Diskarmat Badung yang bersentuhan dengan binatang yang dilakoni petugas Damkar. Seperti operasi tangkap tawon atau yang disingkat OTT, evakuasi biawak, serta penyelamatan terhadap anjing yang jatuh ke sumur. (113)

Baca juga :  Pencegahan Wabah Covid-19 di Pasar Beringkit, PDAM Badung Bagikan Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini