Nestapa Balita Penderita Jantung Bocor, Ayah Gangguan Jiwa, Ibu Pulang ke Rumah Bajang

0
9
Nestapa Balita Penderita Jantung Bocor, Ayah Gangguan Jiwa, Ibu Pulang ke Rumah Bajang
GENDONG - Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta, menggendong Ni Kadek Ayu Padmini Suari (1,5) yang menderita jantung bocor, Selasa (28/7/2020)

KENESTAPAAN dialami balita Ni Kadek Ayu Padmini Suari. Di usianya yang baru satu setengah tahun, Kadek Ayu mengalami kelainan bawaan jantung bocor. Kini dia hanya dirawat oleh sang nenek yakni Ni Kadek Sri Asih (60) di Banjar Ayung, Kelurahan Semarapura Klod, Klungkung.

Menurut Sri Asih, cucunya menderita  jantung bocor sejak baru lahir. Dia terpaksa merawat cucunya bersama anak perempuannya yang berhenti kerja karena covid-19. Sebab ayah Kadek Ayu yakni I Made Alit Guna Artana sejak lima tahun mengalami gangguan jiwa dan sering bolak-balik masuk RSJ di Bangli. Sedangkan ibu Kadek Ayu yakni Ni Putu Eka Sudiarningsih sudah pulang ke rumah bajang sejak Kadek Ayu berumur tujuh bulan.

“Keseharian saya yang merawat dan mengajak Kadek Ayu sebab saat ini ayahnya sudah tiga bulan masuk RSJ Bangli. Sedangkan ibunya sudah pulang ke rumah asalnya dan mengajak putri sulungnya (Ni Luh Gede Arika Putri) yang berumur lima tahun,” ungkap Sri Asih, Selasa (28/7/2020).

Baca juga :  Satpol PP Amankan Tujuh Gelandangan dan Pengamen

Selain menderita jantung bocor, Kadek Ayu ternyata juga memiliki riwayat penyakit penyempitan pernapasan. Dengan kondisinya seperti itu, dia juga harus sering kontrol ke RS Sanglah. “Dulu saya sempat kerja membuat banten di Griya Kamasan. Namun melihat kondisi Kadek Ayu, saya terpaksa berhenti bekerja dan fokus merawat cucu saya ini bersama anak perempuan saya yakni Ni Ketut Astiti Utami yang berhenti bekerja akibat pendemi covid-19,” kata Sri Asih.

Baca juga :  Jelang Idul Fitri, Kapolres Klungkung Kumpulkan Tokoh Umat Muslim

Kondisi Kadek Ayu mendapat perhatian Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta.  Bersama staf PMI Klungkung, Kasta yang juga sebagai Ketua PMI langsung memberikan bantuan kepada keluarga Kadek Ayu.

“Saya sangat merasa perihatin setelah melihat kondisi yang dialami Ni Kadek Ayu Padmini Suari. Apalagi saat ini hanya dirawat  neneknya,” ujar Kasta.  Pihaknya  sudah menugaskan dinas terkait untuk segera menindaklanjuti langkah-langkah penanganan ke depan. Baik itu berupa bantuan sosial maupun penanganan kesehatan secara rutin. ” Upaya ini dilakukan agar Kadek Ayu segera bisa pulih dari sakitnya,” tandas Kasta. (119)

Baca juga :  Berniat Kabur, Dua Pelaku Curanmor Didor

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini