Distan Denpasar Periksa Kesehatan Hewan Kurban

0
4
Distan Denpasar Periksa Kesehatan Hewan Kurban
CEK KESEHATAN – Dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Denpasar memeriksa kesehatan kambing yang akan dipakai hewan kurban Idul Adha di Jl. Martuti, Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kauh, Denpasar Utara, Rabu (29/7/2020).

Dangri Kauh, DenPost

Dinas Pertanian (Distan) memeriksa kesehatan hewan kurban yang banyak dijual di pinggir jalan menjelang hari Idul Adha. ”Kami mulai hari ini memeriksa kesehatan hewan kurban kambing dan sapi yang dijual di Jl. Maruti, Dusun Wanasari atau di pinggir jalan. Kesehatan hewan kurban tersebut diperiksa antermotem dan postmortem sehingga hewan yang dipotong dan dagingnya betul-betul aman, sehat, utuh dan halal (ASUH),’’ kata Kadis Pertanian, I Gede Ambara Putra, didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh. Made Ngurah Sugiri, Rabu (29/7/2020).

Ambara Putra menjelaskan, pihaknya menurunkan tim dibantu mahasiswa dari Fakusltas Kedokteran Hewan (FKH) Unud guna melakukan pengecekan hewan kurban yang belum dipotong maupun daging yang akan dibagikan kepada warga muslim yang merayakan Idul Adha. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban sudah dilakukan di beberapa lokasi penjualan ternak. Hewan kurban seperti kambing yang dijual ada didatangkan dari Karangasem, Tabanan dan Negara.

Baca juga :  Bank Mandiri Sebut Debitur Belum Respons Program Relaksasi

”Kami wajib memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dipotong. Setelah dipotong dagingnya kembali akan dipersiksa guna memastikan dagingnya sehat,’’ imbuhnya.

Selain melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban, ucap Ambara Putra, pihaknya juga memberi pengarahan kepada pedagang hewan kurban agar tetap menjaga kesehatan kambing dan sapi yang dijualnya.”Kalau  ada ternak sakit kami sarankan tidak dijual dan bisa menghubungi petugas Dinas Pertanian untuk mendapat penanangan secepatnya,’’ sarannya. (103)

Baca juga :  Polwan “Hadiahkan” Helm untuk Pengendara Motor Tak Berhelm

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini