Optimalkan Partisipasi Pemilih, Sosialisasi KPU Bergantung Segmen

0
5
Picsart 07 29 07.51.12
BERTEMU MEDIA - KPU Denpasar, saat mengadakan pertemuan bersama media, Rabu (29/7/2020).

Denpasar, DenPost

Salah satu acuan Pilkada 2020 berlangsung sukses, yakni dengan partisipasi pemilih untuk mencoblos pada, 9 Desember 2020. Itu menjadi tantangan bagi KPU, terlebih sosialisasi sebagian besar berlangsung dalam jaringan.

Ketua KPU Denpasar, Wayan Arsa Jaya, telah memetakan sosialisasi sesuai segmen. Misalnya lewat Instagram. “Pemilih sudah kami petakan. Kalau di Instagram, lebih banyak generasi muda. Kami butuh masukan, bagaimana menerjemahkan pesan ke dalam konten yang menarik,” ujarnya, dalam diskusi bersama media di Sanur, Rabu (29/7/2020).

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Ribuan Personil Polda Gelar Doa Bersama

Menurut dia, pihaknya akan mendekati seka teruna di banjar-banjar di Denpasar. Umumnya, masing-masing seka teruna memiliki akun Instagram. Mereka diminta untuk mengikuti akun Instagram milik KPU, serta menyebarluaskan informasi terkait edukasi pentingnya memilih dalam Pilwali 2020.

Dengan mengakses informasi melalui akun sosial media resmi milik KPU, diharapkan generasi muda terhindar dari informasi menyimpang atau hoaks. Strategi itu, akan bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar. Terhadap segmen generasi muda ini, lanjut Arsa, dia berupaya menampilkan gaya komunikasi yang milenial.

Baca juga :  Hari Ini Siswa Dirumahkan, Ini Edaran Sekda

Sementara Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Dinas Kominfo Kota Denpasar, Gde Wira Kusuma, mengapresiasi langkah KPU Denpasar itu. Pihaknya siap memberi akses untuk melibatkan unsur seka teruna.

Upaya memaksimalkan sosialisasi dan edukasi juga diungkapkan Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, yang dalam itu menjadi salah satu narasumber. Dia akan mewajibkan ad hoc atau petugas sementara supaya setiap Jumat memviralkan seruan Pilkada 2020.

Baca juga :  Akhirnya, Omed-omedan Hanya Libatkan Tiga Pasang ST

“Mulai dari PPK, PPS, KPPS. Setiap Jumat, mereka posting informasi soal Pilkada 2020 setiap Jumat. Itu jadi hari sosialiasi. Mereka jumlahnya sekitar 60.000,” terangnya. Selain memaksimalkan sosialisasi, dia mengingatkan agar KPU Denpasar memastikan data pemilih valid. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini