Ditemukan Cacing Hati pada Lima Ekor Sapi Kurban

0
3
Picsart 07 31 05.34.58
CACING PITA - Cacing hati atau Fasciola Hepatica yang bersarang di organ hati pada lima ekor sapi kurban yang sudah disembelih.

Bangli, DenPost

Tujuh dokter hewan yang ditugaskan
Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli, sudah tuntas melakukan pemeriksaan terhadap hewan maupun daging kurban, baik sapi maupun kambing di dua masjid di Bangli, Jumat (31/7/2020).

Dari total 11 ekor sapi dan 31 ekor kambing yang disembelih, ditemukan cacing hati atau Fasciola Hepatica yang bersarang di organ hati pada lima ekor sapi kurban yang sudah disembelih tersebut.

Baca juga :  Terima Banyak Keluhan Soal BST, Dewan Ingatkan Desa agar Transparan

“Hasil pemeriksaan anthemortem semua hewan kurban memenuhi syarat. Akan tetapi pada pemeriksaan postmortem, ditemukan terjangkit cacing hati (Fasciola Hepatica) pada 5 ekor sapi,” sebut Kadis PKP Bangli, Wayan Sarma.

Terhadap hal tersebut, pihaknya menyarankan semua organ hati dari lima ekor sapi tersebut dipisahkan dan dimusnahkan. “Hanya organ hatinya yang dibuang, sisanya bisa dikonsumsi dengan catatan dimasak dengan baik,” tegasnya.

Dijelaskan, secara klinis hewan sapi yang terdapat cacing pita tersebut tidak lah nampak. Tidak terlihat sakit, begitu disembelih baru ketahuan. “Tidak terlihat sakit, begitu disembelih baru ketahuan. Harusnya selama hidup diberikan obat cacing bagi pemelihara hewan-hewan kurban macam ini,” jelasnya.

Baca juga :  Pascarapid Test, 8 OTG di Serokadan, Bangli Positif

Menurut Sarma, biasanya adanya cacing pita pada organ hewan sapi terjadi karena pengaruh sanitasi kandang yang kurang baik. “Mengonkonsumsi organ hewan yang mengandung telur cacing pita akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada saluran pencernaan,” ujarnya. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini