Bawaslu dan BNN Badung Buat Kesepakatan Soal Ini

0
5
Picsart 08 03 03.10.10
PKS - Bawaslu Kabupaten Badung dan BNN Kabupaten Badung juga melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS), di Kantor Bawaslu Badung, Senin (3/8/2020).

Mangupura, DenPost

Menindaklanjuti perjanjian atau Memorandum of Understanding (MoU) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI beberapa waktu lalu, Bawaslu Kabupaten Badung dan BNN Kabupaten Badung juga melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS), di Kantor Bawaslu Badung, Senin (3/8/2020).

PKS dilakukan Ketua Bawaslu Badung, I Ketut Alit Astasoma bersama Kepala BNN Badung, AKBP Nyoman Sebudi. Alit Astasoma mengungkapkan, pihaknya selama ini berkomitmen mendukung upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan BNN. “Bahkan dalam proses rekrutmen petugas, kami menegaskan agar terbebas dari narkoba. Itu komitmen kami dari tingkat jajaran di desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten,” ungkapnya.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Bandara Ngurah Rai Tambah Alat Pengukuran Suhu Tubuh

Berkenaan dengan itu, Alit Astasoma mengatakan PKS ini sangat penting demi penyelenggaraan tugas-tugas bawaslu ke depan. Salah satunya menyongsong Pilkada Badung 9 Desember mendatang. “Kami sangat berbangga dengan agenda kerjasama hari ini. Sebagaimana kerjasama Bawaslu dengan BNN pusat, kami tindak lanjuti dengan kerjasama ini,” jelasnya.

Pejabat asal Munggu ini juga mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengawasan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih yang dilaksanakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Badung. “Kami sedang running coklit terkait daftar pemilih tetap nantinya. Mengingat masa pandemi Covid-19, kami juga menekankan penerapan protokol kesehatan,” jelasnya.

Baca juga :  Oknum Kepsek Cabul Ditahan  

Alit Astasoma pun berharap pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga kehidupan kembali pulih seperti sedia kala.

Sementara Kepala BNN Badung, Nyoman Sebudi mengatakan, PKS antara Bawaslu dan BNN di Badung mengawali kerjasama Bawaslu dan BNN di tingkat kabupaten di Bali. Dijelaskannya,
Peran BNN sebetulnya hampir sama dengan Polri dalam pemberantasan narkoba. “Tapi BNN menelisik kembali dan jika memungkinkan memiskinkan bandar narkoba,” ungkapnya.

Baca juga :  Gempa M=4,3 Dirasakan di Kutsel

Mantan Kapolsek Kuta ini mengatakan, pencegahan dilakukan salah satunya melalui sosialisasi. “Salah satunya seperti di Bawaslu hari ini, apa bahayanya dan apa yang harus kita lakukan untuk memberantas narkoba ini,” ujarnya.

Narkoba, kata dia tidak hanya menyasar masyarakat umum, tapi juga lapisan di pemerintahan, termasuk Bawaslu. “Kami berharap agar Bawaslu juga memastikan tidak merekrut orang yang terlibat narkoba. Jangan sampai pemakai narkoba juga ikut mengawasi pemilu. Bawaslu juga kami harap menjadi garda terdepan bersama BNN untuk menggelorakan antinarkoba,” tandasnya. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini