Terkait Aksi Krama Padang Bai, Ini Harapan Kadishub Karangasem

0
4
Picsart 08 04 02.12.50
MENOLAK - Krama Desa Adat Padang Bai saat turun ke jalan menolak pembanguan dermaga 3, Senin (3/8/2020).

Amlapura, DenPost

Rencana pembangunan dermaga 3 di Pelabuhan Padang Bai ternyata telah diketahui Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri. Kendati demikian, pihak pemerintah daerah belum mendapat pemberitahuan secara resmi, hanya sekilas disampaikan saat menerima audiensi salah satu pejabat baru di ASDP Padang Bai, beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Suastika, Selasa (4/8/2020). “Kalau tidak salah kurang dari dua minggu lalu. Sempat disampaikan saat audiensi salah satu pejabat baru di ASDP. Karena dinyatakan demi kebaikan banyak pihak, saat itu ibu Bupati menanggapi positif,” ungkap Suastika.

Baca juga :  Masuk Pantai Bias Tugel Lewat Jalan Pintas, Sejoli terperosok ke Tebing

Ditanya terkait detail penyampaian rencana pembangunan dermaga 3, Suastika menuturkan pihaknya tak mengetahui secara pasti. Sebab, hal tersebut merupakan kewenangan pusat. Pihaknya hanya berstatus sebagai perantara yang tak punya andil dalam memutuskan. Ia hanya menuturkan pihak ASDP memang sempat menyampaikan salah satu syarat membangun dermaga 3 adalah seluruh tanah di kawasan tersebut sertifikat tak ada atas nama pribadi.

“Terkait berapa banyak tanah warga, saya kurang tahu soal itu. Sekarang pihak desa adat akan menghadap Gubernur. Semoga saja di sana bisa ketemu jalan tengah, agar semua sama-sama baik,” harapnya.

Baca juga :  Diimingi Harga Mobil Murah,Warga Pesedahan Tertipu Belasan Juta Rupiah

Sementara itu, Bendesa Adat Padang Bai, Komang Nuriada bertekad akan tetap mempertahankan tanah desa adat di kawasan Pelabuhan Padang Bai. Jika aksi demonstrasi Senin (3/8/2020) kemarin tak kunjung direspons pihak ASDP, ia berencana akan menurunkan massa yang lebih besar, dan menempuh jalur niskala dengan membunyikan kulkul bulus. “Seluruh warga sudah kukuh menolak dermaga 3. Kami akan beri kesempatan pihak ASDP untuk berkomunikasi dengan kami. Jika tak kunjung datang kami akan kembali lakukan aksi,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Ratusan Napi di LP Karangasem Terima Remisi

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini