Pantai Kuta Ditata, Pedagang di Zona Ini

0
6
Pantai Kuta Dibagi Beberapa Blok
Bahas penataan: Bendesa Adat bersama Prajuru, Kertha Desa, Kelian Suka Duka serta Kaling Se Kuta saat membahas penataan Pantai Kuta

Kuta, DenPost

Meski Pantai Kuta sudah dibuka untuk umum, operasional pedagang Pantai hingga kini belum berjalan. Hal ini terkait akan dilakukannya penataan Pantai Kuta oleh pihak desa adat. Lokasi pedagang akan dibuat secara khusus. Hal itu diungkapkan Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasista ditemui seusai memimpin pertemuan membahas rencana penataan Pantai Kuta, Selasa (4/8).

Wasista memaparkan selama ini keberadaan pedagang memang tidak tertata khusus dalam satu lokasi. Bahkan terkadang keberadaan mereka sempat mengundang keluhan karena pengunjung merasa tidak nyaman. Oleh karenanya, pedagang ini nantinya akan ditempatkan di zona V berlokasi dari sisi kanan gerbang utama ke arah utara. “Nantinya pengunjunglah yang akan mencari pedagang, bukan sebaliknya pedagang yang mencari pengunjung,” ujarnya.

Baca juga :  Gebyar Pemberian Vitamin A, Seniasih Giri Prasta Harapkan Stunting di Badung Bisa Dihapus

Terkait hal ini, pihaknya hingga saat ini belum membuka operasional pedagang pantai ini sembari menunggu penataan tersebut. Karena keberadaan para pedagang di sepanjang Pantai Kuta kata dia juga akan mendapat penataan. Sebagai pembatas nantinya akan dilakukan penyambungan jalan setapak dari utara bandara hingga ke perbatasan dengan Legian.

Fungsi jalan ini selain untuk jogging track juga difungsikan sebagai pembatas antara area pedagang dengan area wisata. “Ketika ada pedagang melewati jalan setapak itu, maka termasuk menyalahi aturan,” imbuhnya. Dengan begitu wisatawan yang sedang berwisata di Pantai Kuta, tidak lagi mengeluh karena merasa terganggu. “Ketika wisatawan ingin belanja, maka mereka sendiri yang datang mencari para pedagang,” ujarnya.

Baca juga :  Minta Tabebuya, Dikasi Flamboyan, Ini yang Dilakukan LPM Legian

Selain itu dalam penataan tersebut nantinya juga akan ditetapkan area yang bisa dipergunakan untuk menggelar event seperti konser dan kegiatan lainnya. Pihaknya berharap mudah-mudahan semua yang diajukan tersebut bisa terwujud agar Kuta benar-benar siap menerima kunjungan wisatawan dengan keadaan yang nyaman serta pantai yang lebih tertata secara baik.

Lebih jauh diterangkannya rencana penataan Pantai Kuta akan dibagi dalam 5 blok. Pantai sepanjang hampir 4 km yang akan ditata ini terbentang dari ujung selatan hingga utara.
Untuk blok I kata dia berada di Pantai Sekeh, Blok II dan III di Pantai Jerman hingga Pura Cedok Waru, Blok IV di Setra hingga Candi Bentar, dan Blok V dari Candi Bentar hingga perbatasan dengan Legian.

Baca juga :  Sering Bolos, Pemkab Badung Pecat 4 ASN

“Dari semua blok itu yang paling mendesak adalah penataan Blok IV dan V,” imbuhnya.
Dia mencontohkan untuk Blok IV, yang berkaitan dengan penataan terhadap area penambatan jukung. Ini perlu ditata rapi, sehingga ke depan juga bisa memberi daya tarik, misalnya sebagai tempat berfoto.

Selain itu juga yang menarik dalam penataan ini juga akan dibangun sejumlah patung Tari Legong Keraton sebagai penghormatan Maestro Seni asal Kuta alm. Wayan Lotring sebagai pencipta tari tersebut. (113)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini