Ketua KPU Gianyar Terpapar Covid-19, Kantor Tutup Sementara

0
7
TUTUP - Kantor KPU Kabupaten Gianyar yang tutup selama 14 hari lantaran Ketua, I Putu Agus Tirta Suguna, dinyatakan positif terpapar covid-19 (virus corona). (DenPost/ist)

Gianyar, DenPost
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna dinyatakan positif terpapar covid-19 (virus corona). Dia ketahuan punya riwayat penyakit penyerta, dan kini sia diisolasi di RS PTN Unud di Jimbaran, Kutsel.
Menghindari penyebaran covid-19 lebih luas, Kantor KPU Gianyar terpaksa ditutup selama 14 hari ke depan. Divisi Hukum dan Pengasawan KPU Gianyar I Wayan Mura saat dihubungi Kamis (6/8/2020) menyebutkan memang benar Tirta Suguna terpapar covid-19.

Dijelaskankan pula, Tirta Suguna tidak masuk kantor sejak 28 Juli lalu, karena sakit. “Menurut informasi dari keluarganya, saat ini Pak Ketua dirawat di RS PTN Unud. Sejak 28 Juli itu kami memang tidak kontak dengan beliau,’’beber Mura.

Menurut pihak keluarga, Tirta Suguna awalnya ke rumah sakit (RS) karena diduga terjangkit demam berdarah (DB) dan trombositnya turun. ‘’Entah bagaimana prosedur di RS, dia menjalani test hingga dinyatakan positif covid-19. Selanjutnya dia dibawa ke RS PTN Unud,” tegas Mura.

Baca juga :  Lakalantas, Seorang Bidan Tewas

Mengingat sang Ketua positif covid-19, praktis seluruh staf KPU Gianyar harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sedangkan kantor KPU ditutup sementara selama isolasi mandiri itu berlangsung.

Selama karyawan menjalani isolasi, Mura menyampaikan seluruh ruangan dan areal kantor setempat disterilkan dengan cairan disinfektan. “Sementara ini kami menjalani isolasi mandiri selama empat belas hari di rumah masing-masing. Mengingat ini masa new normal (tatanan hidup era baru), sehingga perlakuannya beda. Selama ini, kami tidak pernah kontak langsung dengan beliau. Setelah empat belas hari ke depan, kami bisa kembali beraktivitas di kantor,” tambah Mura.

Baca juga :  HP dan Laptop Ditaruh di Ruang Tamu Raib Digondol Maling

Mengenai posisi Ketua KPU saat ini, pria asal Kecamatan Payangan ini menjelaskan sudah dilakukan penunjukan pelaksana harian (Plh.). Plh.Ketua KPU Gianyar ini akan digilir setiap tiga hari dengan sidang pleno secara dalam jaringan (daring). Hal itu karena aturan di komisi.

“Kalau di komisioner, kami memilih Plh.setiap tiga hari dengan menunjuk anggota secara bergilir. Itu pun terdapat sidang pleno, karena isolasi mandiri, maka kami lakukan secara daring,” jelas Mura.

Baca juga :  Terduga Corona Meningkat 50 Persen

Ketua GTPP Covid-19 Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya juga mengatakan bahwa memang benar Ketua KPU Gianyar terpapar covid-19. “Mengingat awalnya ada riwayat penyakit, dan saya baru dapat laporan kemarin (Kamis),” tegas Wisnu Wijaya, yang juga selaku Sekda Gianyar. (116)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini