Polisi Amankan Ratusan Telur Penyu di Pelabuhan Tribuana

0
12
Polisi Amankan Ratusan Telur Penyu di Pelabuhan Tribuana
TELUR PENYU - Anggota Pol Air Polres Klungkung mengamankan ratusan telur penyu di Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba, Dawan, Senin (10/8/2020)

Semarapura, DenPost

Tidak hanya pantai Watu Klotok, Pantai Tribuana di Desa Kusamba, Dawan, Klungkung juga menjadi daya tarik penyu untuk bertelur. Buktinya, Senin (10/8/2020) pagi, sebanyak 110 butir telur penyu ditemukan terkubur di selatan loket tiket Gangga Express di pelabuhan Tribuana, Kusamba. Ratusan telur penyu ini kemudian diamankan anggota Pol Air Polres Klungkung karena khawatir akan dimakan predator seperti anjing dan lainnya.

“Iya tadi pagi kita temukan 110 telur penyu terkubur di belakang office Gangga. Setelah kita gali dan masukkan ke tas kresek kita langsung bawa ke tempat penangkaran di pantai Klotok,” ujar KBO Sat Pol Air Polres Klungkung, Iptu I Gde Yasa.

Baca juga :  Sempat Ludahi Pol PP, Wanita Linglung Diamankan

Menurut Gde Yasa, adanya penyu bertelur di Pelabuhan Tribuana pertama kali diketahui karyawan Gangga. Informasi ini kemudian disampaikan ke anggota Pol Air sehingga bersama karyawan Gangga dilakukan penggalian di sekitar loket pembelian tiket sekitar pukul 06.50 wita. Setelah dilakukan penggalian sedalam 45 centimeter akhirnya ditemukan 110 telur penyu terkubur di dalam pasir.

“Semua telur penyu yang ditemukan dalam kondisi baik. Tidak ada yang rusak,” katanya. Namun Gede Yasa tidak mengetahui jenis penyu yang bertelur di pelabuhan Tribuana. Karena di lokasi, karyawan Gangga yang tahu pertama kali hanya melihat jejak penyu yang akan bertelur. Sedangkan untuk mengantisipasi dimakan predator, semua telur penyu tersebut kemudian diamankan dan dibawa ke penangkaran di Pantai Watu Klotok.

Baca juga :  Jatuh dari Banana Boat, Turis Malaysia Meninggal

“Pantai di Kusamba memang menjadi habitatnya penyu untuk bertelur. Hampir setiap tahun ada saja penyu yang bertelur. Bahkan tahun lalu sudah ada yang menetas, tapi sayangnya banyak yang mati dimangsa anjing dan digigit semut,” ungkapnya.

Sementara untuk melestarikan penyu tersebut, Iptu Gede Yasa bersama anggota Pol Air Polres yang lain mengimbau warga di daerah pesisir ikut menyelamatkan telur penyu dari serangan predator. Jika melihat penyu bertelur, warga diminta untuk melapor, bahkan jika perlu membawa langsung ke tempat penangkaran. “Kalau ada warga yang menemukan telur penyu bisa disampaikan ke kami di Pol Air. Nanti kami yang akan bawa ke penangkaran,” tandasnya. (119)

Baca juga :  100 Orang Mangkir Jalani Rapid Test, Suwirta Kecewa

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini