24 Pasien Sembuh Donor Plasma Konvalesen

0
11
Picsart 08 10 06.47.29
PLASMA KONVALESEN - Webinar Terapi Plasma Konvalesen Dalam Rangka Penanganan Covid-19 di Wilayah Bali, Senin (10/8/2020).

Dangin Puri, DenPost

Sebanyak 24 pasien Covid-19 yang telah sembuh, mendonorkan plasma darahnya untuk digunakan sebagai terapi bagi pasien yang masih menjalani perawatan. Donor ini berlangsung di Aula Makorem 163/ Wira Satya di Jl. Sudirman, Selasa (11/8/2020).

Dalam webinar “Terapi Plasma Konvalesen Dalam Rangka Penanganan Covid-19 di Wilayah Bali”, Senin (10/8/2020), Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara, mengatakan pihaknya menginisiasi dan mendorong agar terapi ini dapat dikembangkan di Bali, sehingga diharapkan dapat meningkatkan persentase kesembuhan pasien Covid-19.

Baca juga :  Wisuda Unud Ditunda

“Setelah pelaksanaan webinar ini, seluruh peserta dapat menjadi duta-duta untuk mendorong masyarakat, khususnya mantan pasien Covid-19 agar mendonorkan plasma darahnya untuk kepentingan penanganan Covid-19,” harap Pangdam.

Ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Bali, yang mendorong para pasien yang sembuh untuk mendonorkan plasma darah. “Terapi ini terbukti efektif untuk mempercepat kesembuhan pasien Covid-19 di Secapa AD,” sambungnya.

Mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Bali dalam webinar itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, berterimakasih kepada Pangdam IX/Udayana yang telah menginisiasi gerakan kemanusiaan ini. Dia menyebutkan, Pemprov Bali juga telah menggelar donor pertama kali terjadi pada, 10 Maret 2020, yang diikuti seorang WNA.

Baca juga :  Perumda Pasar Sewaka Dharma Perketat Pengawasan Pedagang

Pada akhir webinar, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, mewakili Pangdam IX/Udayana, menyampaikan agar terapi plasma konvalesen ini dapat dimasifkan. Dalam webinar itu, terlibat sebanyak 2.212 peserta. Selain unsur TNI, peserta terdiri dari 40 persen dokter, 25 persen perawat, 15 persen Apoteker dan tenaga medis lainnya 20 persen. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini