Selamatkan Populasi Sapi Bali, Begini Pelayanan Tim Keswan Jembrana

0
6
Picsart 08 12 04.39.10
PELAYANAN KESEHATAN - Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Rabu (12/8/220) memberikan pelayanan kesehatan hewan terutama sapi bali, di Kecamatan Negara.

Negara, DenPost

Guna penyelamatan populasi sapi bali, Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Rabu (I12/8/2020) memberikan pelayanan kesehatan hewan terutama sapi bali di Kecamatan Negara.
Puluhan warga di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana Rabu pagi berbondong-bondong membawa ternak sapi mereka ke tempat pelayanan kesehatan hewan yang diselenggarakan bidang kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana.

Sapi yang dibawa warga kebanyakan adalah sapi bali. Sapi-sapi ini diberikan suntikan vitamin, obat cacing hingga pelayanan kawin suntik oleh petugas. Bahkan sapi-sapi yang sedang bunting didata petugas.
Hal ini dilakukan untuk mendata populasi sapi bali di Jembrana guna menjamin kualitas sapi bali dan mencegah kepunahan sapi bali akibat penyakit.

Baca juga :  Masuk Lewat Jalur Tikus, Lima Duktang Diamankan

Dari kegiatan ini, petugas mendata ada 49 ekor sapi bali yang diberikan pelayanan di Banjar Pebuahan.
Kebanyakan sapi-sapi ini menderita cacingan. Kabid Keswan dan Kesmavet Jembrana, Wayan Widarsa, mengatakan, di Pebuahan memang sedikit ditemukan kasus.

“Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan. Cuma satu yang kami sarankan kepada peternak agar tidak sampai melakukan in breeding atau perkawinan satu darah, ini yang menyebabkan kualitas sapi itu akan jelek, anak-anaknya akan kerdil dan pertumbuhannya tidak bagus. Yang kedua, di umur 3 bulan ke atas biasanya peternak tidak cermat mengamati sapinya biasanya terkena cacingan dan mencret darah itu biasanya kasus-kasus Oxydiosis,” jelasnya. (120)

Baca juga :  Palinggih Tertimpa Tanah Longsor

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini