Selamatkan Populasi Sapi Bali, Begini Pelayanan Tim Keswan Jembrana

Picsart 08 12 04.39.10
PELAYANAN KESEHATAN - Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Rabu (12/8/220) memberikan pelayanan kesehatan hewan terutama sapi bali, di Kecamatan Negara.

Negara, DenPost

Guna penyelamatan populasi sapi bali, Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Rabu (I12/8/2020) memberikan pelayanan kesehatan hewan terutama sapi bali di Kecamatan Negara.
Puluhan warga di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana Rabu pagi berbondong-bondong membawa ternak sapi mereka ke tempat pelayanan kesehatan hewan yang diselenggarakan bidang kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana.

Baca juga :  Diduga Depresi, Karyawan Swasta Gantung Diri

Sapi yang dibawa warga kebanyakan adalah sapi bali. Sapi-sapi ini diberikan suntikan vitamin, obat cacing hingga pelayanan kawin suntik oleh petugas. Bahkan sapi-sapi yang sedang bunting didata petugas.
Hal ini dilakukan untuk mendata populasi sapi bali di Jembrana guna menjamin kualitas sapi bali dan mencegah kepunahan sapi bali akibat penyakit.

Dari kegiatan ini, petugas mendata ada 49 ekor sapi bali yang diberikan pelayanan di Banjar Pebuahan.
Kebanyakan sapi-sapi ini menderita cacingan. Kabid Keswan dan Kesmavet Jembrana, Wayan Widarsa, mengatakan, di Pebuahan memang sedikit ditemukan kasus.

“Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan. Cuma satu yang kami sarankan kepada peternak agar tidak sampai melakukan in breeding atau perkawinan satu darah, ini yang menyebabkan kualitas sapi itu akan jelek, anak-anaknya akan kerdil dan pertumbuhannya tidak bagus. Yang kedua, di umur 3 bulan ke atas biasanya peternak tidak cermat mengamati sapinya biasanya terkena cacingan dan mencret darah itu biasanya kasus-kasus Oxydiosis,” jelasnya. (120)

Baca juga :  Seka Teruna Gencarkan Gerakan Penanaman Pohon di Hutan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini