Ogoh-ogoh di Denpasar Dilombakan Lewat Vidio, 417 ST Diberikan Ini

0
4
Picsart 08 12 07.05.45
LOMBA OGOH-OGOH - Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, kembali melombakan ogoh-ogoh dengan dibuatkan vidio oleh seka teruna.

Sumerta, DenPost

Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, kembali melombakan ogoh-ogoh. Mengingat, saat pangerupukan ditiadakannya pawai ogoh-ogoh pada, Maret 2020, karena pandemi Covid-19. Kali ini, hasil kreativitas seka teruna di Denpasar ini, tidak diarak melainkan dibuatkan vidio.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram, Rabu (12/8/2020), mengatakan proses lomba ogoh-ogoh yang dijanjikan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, akan tetap berlangsung mulai, Oktober 2020. Lomba tersebut, dirangkaikan dengan Denpasar Festival (Denfest), dengan sistem virtual.

Baca juga :  Berjualan di Trotoar, Puluhan Pedagang di Jl. Gunung Kawi Ditertibkan

Ditambahkan Mataram, khusus ogoh-ogoh akan dilombakan pada, Oktober 2020, untuk mempercepat proses penyaluran uang pembinaan yang dijanjikan sebelumnya sebesar Rp10 juta per ST. Dana pembinaan tersebut, baru akan keluar setelah peserta mengirimkan kriteria lomba berupa vidio sebagai ketentuan lomba. “Nanti keluar dana pembinaan itu, setelah ST yang memiliki ogoh-ogoh menyerahkan vidio lomba biar sebagai bukti untuk mengeluarkan dana pembinaan,” kata Mataram.

Baca juga :  PDP di Sanglah Didominasi WNI

Untuk kriteria lomba, masih dalam rancangan. Tetapi ada hal-hal teknis yang bisa mereka wajib lakukan, yakni membuat vidio. Di dalam vidio tersebut, mereka yang memiliki ogoh-ogoh wajib memberikan keterangan ogoh-ogoh dan konsep, serta tema yang digunakan. ”Pembuatan vidio ogoh-ogoh bukan diarak, namun dibuatkan vidio di banjar masing-masing,” ujarnya.

Di Denpasar, lanjut dia, ada sebanyak 417 ST. Untuk anggaran yang sudah siap dikeluarkan oleh Pemkot Denpasar, khususnya untuk lomba dan pembinaan ogoh-ogoh sebesar Rp4.170.000.000. (112)

Baca juga :  Aksi Sayat Paha Wanita Kambuh lagi di Denpasar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini