Napi Penerima RU II di Bangli Tak Langsung Bebas

0
6
Picsart 08 13 04.13.35
TITIPAN - Situasi Rutan Bangli ketika menerima titipan napi baru usai vonis dari Denpasar lantaran harus menjalani karantina sesuai protap kesehatan penanganan covid-19. DenPost/ist

Bangli, DenPost

Ratusan narapidana (napi) dari seluruh Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapastik) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Bangli mendapat remisi umum (RU). Pengurangan masa hukuman ini diberikan berkaitan dengan Hari Kemerdekaan ke-75, Senin (17/8/2020) nanti.

Humas Kantor Perwakilan Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali, Putu Surya Dharma, mengungkapkan, jumlah penerima remisi kemerdekaan ini sesuai SK dari Dirjenpas RI. Pemberian remisi ini serentak di semua lapas dan rutan di seluruh Indonesia termasuk Bali tak terkecuali di Kabupaten Bangli.

Baca juga :  Bocah Sepuluh Tahun Tertular Virus Corona

Diuraikannya, jenis remisi umum yang diterima para napi ini berbeda. Untuk RU I kategori remisi khusus pengurangan hukuman yang mendapat potongan hukuman sebanyak 15 hari, potongan 1 bulan dan potongan 1 bulan dan 15 hari. Satu lagi RU II atau remisi khusus langsung bebas. “Kenapa langsung bebas, karena masa hukumanya kebetulan sudah mau habis, sehingga begitu dapat remisi mereka langsung bebas,” jelasnya, Kamis (13/8/2020).

Baca juga :  Atasi Ketegangan Pengendara, Polsek Kintamani Lakukan Ini

Hanya saja kondisi tersebut tak berlaku pada napi di Bangli penerima RU II. Baik napi di Rutan maupun Lapastik, penerima RU II tak bisa langsung menghirup udara bebas, lantaran masih harus menjalani hukuman subsider. “Jadi ada 11 napi dari keduanya yang mendapat RU II, namun tak bisa bebas. Mereka harus jalani hukuman subsider (hukuman denda) yang mereka gantikan dengan hukuman kurungan atau penjara. Jadi hukuman subsidernya tidak dibayar,” ungkapnya didampingi Kepala Lapastik Bangli, Agus Pritiatno, dan Karutan Bangli Made Suwendra.

Baca juga :  Warga Pengelipuran Ditemukan Tewas di Pohon Coklat, Diduga Gara-gara Ini

Disebutkannya, dari Lapastik Bangli, napi yang diusulkan menerima remisi sebanyak 349 untuk RU I dan 10 orang napi penerima RU II. Sedangkan di Rutan Bangli, ada 59 orang napi penerima RU I dan hanya 1 orang napi penerima RU II. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini