Coklit Berakhir, Masih Ada Warga Tercecer

0
5
Picsart 08 13 05.43.33
Ketua KPU Kabupaten Bangli, I Putu Gede Pertama Pujawan.

Bangli, DenPost

Pelaksanaan masa pemuktahiran data pemilih atau coklit di Bangli sudah berakhir. Namun, hingga kini masih ada saja warga yang tercecer yang belum masuk sebagai data pemilih. Hal ini diakui Ketua KPU Kabupaten Bangli, I Putu Gede Pertama Pujawan, saat dikonfirmasi, Kamis (13/8/2020).

Atas kondisi tersebut, KPU Bangli tetap melakukan pengecekan dan penelusuran kembali masih terus dilakukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di Kabupaten Bangli, untuk melindungi hak masyarakat menggunakan pilihannya dalam Pilkada serentak, 9 Desember 2020.

Baca juga :  Bawaslu Temukan 24 WNA Masuk DPS di Bangli

Kata Pujawan, dari 568 PPDP sudah seluruhnya melakukan coklit 100 persen. Di mana, dalam pelaksanaan coklit, terkait temuan Bawaslu ada warga yang masih tercecer. “Kami sudah turunkan datanya untuk dicek dan dilakukan penelusuran kembali oleh PPDP,” jelasnya.

Dari hasil pengecekan tersebut, sejumlah warga yang sebelumnya tercecer sudah ada yang dimasukkan ke dalam daftar pemilih baru. Menurut Pujawan, apapun temuan dari hasil pengawasan oleh Bawaslu harus dicek dan ditinjaklanjuti kembali. Termasuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang datang ke TPS dengan menggunakan KTP-el. Karena gunakan KTP, sehinga tidak memiliki NKK (Nomor Kartu Keluarga), sehingga juga turut melacak NKK pemilih yang bersangkutan.

Baca juga :  Survei Golkar Tuntas, Begini Perkiraan Rekomendasi di Bangli

Karena itu, pengecekan masih tetap dilakukan PPDP yang wilayahnya ada temuan dari pengawasan Bawaslu. Hanya saja, dalam penelusuran tersebut tidak semua calon pemilih bisa ditemukan. Sebab, disinyalir ada warga tidak dikenal omasyarakat sekitar karena hanya mencantumkan NIK terutama diwilayah-wilayah pendatang. Hal ini terjadi, karena di daerah pendatang pergerakan pendudukannya sangat cepat, kemungkinan saat memilih di sana dan besoknya sudah pindah tanpa lapor. (128)

Baca juga :  Diduga Tersinggung, Warga Penglumbaran Tebas Kelian

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini