Kunjungan Wisdom Berangsur-angsur Meningkat

0
7
Kunjungan Wisdom Berangsur-angsur Meningkat
WAGUB BERSAMA BI - Wagub bersama Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, hadir dalam kegiatan "Bali Revival 2020" di Ubud. (DenPost/ist)

Gianyar, DenPost
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menyebutkan perekonomian Bali mulai meningkat. Hal ini dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan domestik (wisdom) ke Bali sejak pariwisata dibuka pada 9 Juli 2020.

Namun pihaknya belum menghitung persentase pergerakan perekonomian Bali saat ini. Kendati begiu, Trisno optimis bahwa inflasi di Bali berangsur normal. Keyakinannya itu didukung sejumlah alasan. Pertama: kunjungan wisdom mulai meningkat.

Kata Trisno, jumlah wisdom ke Bali melalui transportasi udara meningkat 100 persen. “Pergerakan wisdom di bandara ada kenaikan sampai 4.000 ke atas sehari. Sebelumnya (awal pariwisata wisdom dibuka 9 Juli), di bawah 2.000-an per hari,” ujarnya, Senin (17/8/2020).

Baca juga :  Serang Warga Pejeng, Gerombolan Begal Nyaris Tewas Diamuk Warga

Alasan kedua: pemulihan perekonomian Bali juga didukung sejumlah kegiatan massa sejak sebulan terakhir. Salah satunya “Bali Revival 2020” yang digelar di Ubud, Gianyar, sejak 15 Agustus. Hal ini adalah konser perdana saat pandemi covid-19. Kegiatan yang dikemas dengan konsep menonton konser dengan berkendara ini direspons baik oleh wisatawan. Mereka yang hadir mulai dari masyarakat lokal Bali, wisdom, hingga ekspatriat.

Pada Minggu (16/8/2020), Trisno hadir bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, untuk menyaksikan hiburan di “Bali Revival 2020” secara langsung. Dia mendukung acara yang tetap mengedepankan protokol kesehatan ini.
Dengan begitu, menjaga keselamatan wisatawan dari covid-19, juga meningkatkan perekonomian Bali, sebab acara semacam ini ikut menggairahkan UMKM. “Aktivitas ekonomi sedikit demi sedikit mulai bergerak,” beber Trisno, saat ditanya mengenai manfaat kegiatan massa sejak dibukanya pariwisata Bali pada 9 Juli 2020. Selain UMKM, tenaga kerja mulai beraktivitas, dan implikasinya, ekonomi meningkat.

Baca juga :  Pemalsu Akta Perceraian, Bupati Gianyar Intruksikan Ini

Kehadiran wisawata hiburan juga memberi ruang kepada musisi, usaha penyelenggaraan acara dan jasa lainnya bergerak. Agar tetap produktif saat pandemi, Trisno mengingatkan panitia agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kendati demikian, dia menyadari bahwa acara massa saat ini belum berdampak kepada ekonomi secara makro. Masih dalam skala kecil. Menurutnya hal tersebut sangat wajar, karena pemulihan ekonomi saat pandemi perlu waktu panjang. (wir)

Baca juga :  Diduga Korsleting Aki, Sepeda Motor Ludes Terbakar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini