Penukaran UPK Rp75 Ribu Dijatah Satu Per Orang

0
5
Konsep Otomatis
DILUNCURKAN - Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 Republik Indonesia (RI) senilai Rp75 ribu yang diluncurkan pada Senin (17/8/2020)

Dangin Puri, DenPost
Hari pertama penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75 Republik Indonesia (RI) disambut antusias masyarakat pada Selasa (18/8/2020). Penukaran dipusatkan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, dengan kuota 150 lembar.

Pada pukul 11.00, kuota penukaran sudah habis dan loket ditutup. Pada hari pertama ini, UPK yang telah ditukar sebanyak 142 lembar. Delapan lembar lainnya urung ditukar, karena alasan kesalahan teknis pendaftaran online dan ada penukar yang tidak hadir.

Dalam temu media di lobi kantor setempati, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan animo masyarakat cukup tinggi menukarkan uang kartal pecahan Rp75 ribu itu.

Baca juga :  Besok, ABK Boat Pelabuhan Sanur Jalani Rapid Test

Tentang penukaran UPK, dia mengatakan setiap warga hanya boleh menukar satu kali. Akses penukaran dilakukan berdasarkan pemegang KTP warga negara Indonesia. “Tidak boleh dua atau tiga kali. Jadi satu orang, satu KTP, dan satu UPK,” bebernya.

Ada tahapan yang wajib diikuti masyarakat yang ingin menukarkan uang dengan UPK ini. Pertama, calon penukar harus mendaftar di tautan https://pintar.bi.go.id. Setelah terdaftar, maka nasabah bisa datang ke loket penukaran yang tersedia di lobi kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Jl. Letda Tantular, No. 4, Denpasar.

Baca juga :  Simpan Ratusan Butir Ekstasi, Buruh Harian Lepas Dibekuk 

Penukaran yang diawali dengan mendaftar secara online ini merupakan upaya mencegah penularan covid-19 melalui transmisi lokal. Selain itu, dalam rangka mendukung sistem digitalisasi di Provinsi Bali. Masyarakat yang datang juga wajib mengikuti protokol kesehatan. Trisno mengatakan penukaran tahap pertama ini akan difasilitasi hingga 30 September 2020, yang bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. Setiap hari, disiapkan 150 lembag UPK. Tahap kedua, berlangsung 1 Oktober 2020 hingga persediaan UPK habis.

Baca juga :  779 OTG Potensi Tularkan Covid-19 di Denpasar

Pada tahap kedua, penukaran bisa dilakukan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan bank umum yang ditunjuk untuk melakukan kerja sama penukaran seperti Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga.
Peluncuran UPK ini menandai peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, sekaligus dijadikan branding UPK tersebut. Mulai dari pecahan Rp.75, dan dicetak sebanyak 75 juta. Simbol ini diharapkan memberi semangat baru bagi masyarakat saat pandemi covid-19. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini