Puskesmas Densel IV Kembali Aktifkan Posyandu

0
6
Picsart 08 19 03.14.58
POSYANDU - Warga mendatangi layanan Posyandu. Sebelum diperiksa, mereka semua menjalani tahapan protokol kesehatan, salah satunya mencuci tangan.

Pedungan, DenPost

Puskesmas Denpasar Selatan IV kembali mengaktifkan layanan Posko Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada bulan Agustus ini sejak Rabu (19/8/2020). Layanan pertama berlangsung di empat banjar di Desa Pedungan, Denpasar Selatan.

Meliputi Banjar Sawah, Kepisah, Dukuh Pesirahan, Pitik, dan Kaja. Kepala Puskesmas Densel IV, drg. Made Saraswati Rahayu, mengatakan, kegiatan ini pertama digelar saat pandemi covid-19. Sebelumnya, sempat jeda sejak Maret lalu.

Baca juga :  Uang Hasil Membegal Diduga Dipakai untuk Ini

“Ini kegiatan rutin setiap bulan. Tetapi sejak Maret kami belum berani melaksanakan. Nah mulai Agustus baru kita mulai lagi, setelah berkoordinasi dengan kelurahan dan kaling setempat,” ujarnya di sela pelayanan Posyandu.

Kegiatan ini disambut antusias warga. drg. Saraswati mengatakan, masyarakat tidak canggung untuk datang memeriksakan kesehatan balita, para lansia dan remaja. Tentu, mereka datang tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kendati masyarakat mulai terbiasa dengan pola kehidupan baru itu, pihaknya tetap selektif kepada masyarakat yang akan diperiksa. Itu dilakukan untuk mencegah penularan kepada petugas medis, atau tertular dari petugas medis.

Baca juga :  Di Denpasar, Pasien Sembuh dan Positif Covid-19 Seimbang 7 Orang

“Bagi yang kondisi sakit, kami arahkan ke Puskesmas. Jadi yang diperiksa saat Posyandu kami tetap seleksi,” ujarnya. Di setiap banjar, masyarakat melewati lima tahapan. Yakni pendaftaran, pencatatan, penimbangan, penyuluhan dan pelayanan kesehatan. Penimbangan terhadap balita, untuk mengetahui kondisi kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Dia mengakui pelayanan di tengah masa pandemi memberi tantangan tersendiri bagi layanan kesehatan. Salah satunya menjamin agar penularan covid-19 melalui transmisi lokal tidak terjadi. Maka dia mewanti-wanti agar warga waspada.

Baca juga :  Maling Dihajar Pemilik Rumah Hingga Bonyok

Melalui layanan ini, pihaknya juga memberi edukasi berkaitan kecukupan gizi dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. “Kami berikan edukasi tentang protokol kesehatan, serta vitamin A bagi masyarakat. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini