Mensos Berharap Penyaluran BST Bisa Gerakkan Ekonomi Lokal

0
8
Picsart 08 21 03.20.59
BST - Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara, didampingi Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memantau penyaluran dana BST di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Dawan, Jumat (21/8/2020).

Semarapura, DenPost

Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara, menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Klungkung, Jumat (21/8/2020). Penyerahan BST ini dilakukan secara simbolis kepada 158 warga di Br. Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Sekda, Gede Putu Winastra ikut hadir menyaksikan pemberian BST sebesar Rp 300 ribu per bulan kepada warga tersebut.

Yang menarik, Menteri Sosial, Juliari P Batubara sempat menyinggung dampak covid-19 yang terjadi di Bali. Karena baru pertama kali tiba di Bali dia melihat kondisi hotel, restoran dan toko yang ada di Bali sepi. Bahkan dikatakannya lebih sepi dari pascakejadian bom Bali pertama. Jadi dia berharap dengan bantuan yang diberikan Kementerian Sosial ini dapat mengurangi kesulitan warga yang terdampak covid-19.

Baca juga :  Pascaditerjang Ombak Besar, Petani Garam Kusamba Bakal Dibantu Uang Tunai

“Dampak covid-19 yang sudah terjadi selama lima bulan ini betul-betul membuat ekonomi terganggu. Walaupun tidak bisa menggantikan penghasilan yang didapat sebelumnya. Tapi bantuan ini kami harapkan dapat mengurangi kesulitan bapak sekalian,” ujar Juliari Batubara.

Selain itu, Mensos Juliari berharap BST yang disalurkan ke warga dapat menggerakkan ekonomi lokal. Caranya dengan membelanjakan dana BST yang didapat di daerah masing-masing. Bila perlu Juliari berharap agar suplayer warung dari Kabupaten Klungkung sendiri. Seperti kebutuhan pokok yakni beras, telur daging ayam dan buah disuplai dari warga lokal sendiri, sehingga anggaran Bantuan Pangan Non Tunai di Kementerian Sosial sebesar Rp40 Triliun bisa digerakan di daerah masing-masing.

Baca juga :  Desa Akah dan Gelgel, Klungkung, Nihil Pengidap Virus Corona

“Alangkah baiknya jika pimpinan daerah memanfaatkan program ini khususnya di bidang pangan. Tidak hanya terima belanja saja, tapi yang suplay juga disana,” katanya. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini