Terbakar, 50 Ayam Aduan, Mobil, dan Motor Hangus

0
4
Terbakar, 50 Ayam Aduan, Mobil, dan Motor Hangus
TERBAKAR - Kandang ayam di Banjar Padang Gang Padang Sari, Kerobokan, Kuta Utara, yang terbakar pada Sabtu (22/8) malam lalu, sehingga mengakibatkan kerugian sekitar setengah miliar rupiah. (DenPost/ist)

Canggu, DenPost
Kobaran api dari kandang ayam menerangi gelapnya malam di pemukiman warga di Banjar Padang Gang Padang Sari, Kerobokan, Kuta Utara, Sabtu (22/8) sekitar pukul 23.30. Dalam musibah kebakaran ini satu mobil, sepeda motor, kandang ayam dan babi, ludes dilalap api.

Kasubag Humas Polres Badung Iptu Ketut Oka Bawa, Minggu (23/8) kemarin mengatakan, kebakaran yang terjadi di kandang ayam dan babi milik I Nyoman Widiana (46) serta rumah I Dewa Made Sedana (60) ini menimbulkan kerugian hingga Rp500 juta.

Kebakaran ini pertama kali diketahui warga yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian. Awaknya, warga itu tidur di kamar di lantai dua. Tiba-tiba dia mendengar suara dengungan menyerupai kipas angin. Lantaran penasaran, warga itu lantas membuka jendela. “Dia kaget ketika melihat api berkobar sangat besar di kandang ayam di selatan rumahnya,” beber Oka Bawa.

Baca juga :  Mengawali Tugas, Kepala Basarnas Bali Lakukan Ini

Saksi lantas berteriak hingga orang-orang di sekitarnya berdatangan ke lokasi kebakaran. Sebelum petugas pemadam tiba di lokasi, warga segera memadamkan api dengan alat seadanya.

Oka Bawa mengatakan berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kebakaran diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik (korslet). Hal itu karena kandang ayam banyak tikus sehingga mengerat kabel-kabel mesin penetas telur yang selalu menyala. “Kemungkinan hal itu menyebabkan munculnya percikan api sehingga melalap barang-barang di lokasi,” imbuhnya.

Baca juga :  KNKT Investigasi Kebakaran APB di Bandara

Hasil pemeriksaan, sambung Iptu Oka Bawa, yang terbakar dalam musibah itu di antaranya kandang ayam dan ayam aduan sebanyak 50 ekor, kandang babi, satu mobil Toyota Kijang Kapsul nopol DK 1157 CB, satu motor dan seluruh bangunan.

Kebakaran juga terjadi di Banjar Kalanganyar, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli, Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 10.30. Satu dapur dan kamar tidur milik I Nengah Santosa (47) ludes dilalap api.
Informasi yang dihimpun di lapangan, sebelum kejadian, penghuni rumah (Ni Nengah Suarsini), jualan di warung di depan rumah tersebut. Sekitar pukul 10.30, dia teringat jika dompet miliknya tertinggal di dapur.

Baca juga :  Satu OTG Positif Covid-19, Kasus di Bangli Bertambah

Suarsini bergegas meninggalkan warung menuju dapur. Saat itulah dia melihat ada kepulan asap muncul dari atap dapur. Plafon yang terbuat dari anyaman bambu jatuh dengan kondisi terbakar api. Suarsini berteriak dan minta tolong, sehingga datanglah I Komang Teguh (19). Dia kemudian mencari pertolongan ke warga sekitar. Pukul 11.30 api berhasil dipadamkan warga. Tak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah itu. Namun pemilik rumah diduga rugi Rp50 juta.

Kasubag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi menerangkan api diduga berawal dari korsleting listrik di atap dapur. Api lalu membakar dapur dan kamar tidur di samping timur kamar korban. (yan/anta)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini