Kembangkan Desa Wisata, Panji Akan Bangun Ini

0
4
Picsart 08 23 07.41.06
WAHANA WATERBOM - Bupati PAS, saat meninjau lokasi rencana pembangunan Wahana Waterbom di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Jumat (21/8/2020).

Singaraja, Denpost

Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk mendorong sektor pariwisata. Salah satunya dengan mengembangkan konsep desa wisata terutama yang berbasis kearifan lokal.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, saat meninjau lokasi rencana pembangunan Waterboom di Desa Panji, Kecamatan Sukasada.

Agus Suradnyana, menjelaskan konsep desa wisata tidak hanya mendongkrak pariwisata tapi juga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan. Menurutnya, pengembangan desa wisata ini memiliki peluang besar, mengingat saat ini sudah terbentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di masing – masing desa.

Baca juga :  PDGI Buleleng Gelar Gosok Gigi Massal di Panti Asuhan

Desa Panji yang terletak pada 315 meter dari permukaan laut dan luas wilayah mencapai 1061 hektar, sangat cocok untuk membangun wisata alam berbasis wahana air, seperti river slide. Hal ini dikarenakan adanya air dengan topografi yang cukup curam. “Saya memberikan saran kepada Bumdes Bhuana Utama Desa Panji untuk membuat tubing atau sejenis river slide. Hal ini dikarenakan kapasitas air yang ada di Desa Panji pada musim kemarau tidak berkurang,” imbuhnya.

Baca juga :  Embat HP Pelajar, Buyar Diringkus Polisi

Sementara Kepala Desa Panji, Jero Mangku Made Ariawan, Minggu (23/8/2020), mengatakan dengan adanya sejarah Buleleng, Desa Panji serius untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa. “Bupati Buleleng hadir di Desa Panji untuk mengembangkan wisata air dengan konsep river slide dan juga wahana air di antara persawahan,” ujarnya.

Mangku Ariawan menyebutkan, melalui wahana ini diharapkan tidak hanya mendongkrak pariwisata. Tapi juga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan. (118)

Baca juga :  Ratusan Tentara “Merumput” di Bhuana Patra, Buleleng

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini